Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tontowi/Liliyana Melaju ke Semifinal China Terbuka

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 18 November 2016 | 19:48 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, saat menjalani pertandingan melawan Kenta Kazuno/Ayane Kurihara (Jepang) pada babak kedua turnamen China Terbuka di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, Kamis (17/11/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, melaju ke babak semifinal turnamen China Terbuka yang berlangsung di Haixia Olympic Sports Center, 15-20 November 2016.

Tontowi/Liliyana lolos setelah mengalahkan Yoo Yeon-seong/Chang Ye-na (Korea Selatan) melalui rubber game dengan 19-21, 21-14, 21-18, Jumat (18/11/2016).

Tontowi/Liliyana membuka gim kesatu dengan baik. Mereka berturut-turut unggul 4-2 dan 7-3.

Akan tetapi, keunggulan ini tidak bertahan lama. Yoo/Chang yang bermain efektif berbalik unggul 11-10.

Selepas interval, duel ketat antara Tontowi/Liliyana dan Yoo/Chang berlanjut. Kedua pasangan terlibat aksi saling kejar poin hingga kedudukan 17-17.

Yoo/Chang mencapai game point terlebih dahulu setelah memenangi tiga poin beruntun, tetapi Tontowi/Liliyana yang belum menyerah berhasil menipiskan skor menjadi 19-20.

Tontowi/Liliyana gagal memenangi gim kesatu setelah pengembalian Liliyana membentur net dan mendarat di area lapangan sendiri.

Tertinggal satu gim membuat Tontowi/Liliyana bermain lebih agresif pada gim berikutnya. Mereka sempat unggul jauh 9-3 sebelum mencapai interval dalam kedudukan 11-9.

Keunggulan ini terus dijaga Tontowi/Liliyana pada paruh kedua gim kedua. Tontowi/Liliyana yang memegang kendali penuh akhirnya menuntaskan gim ini dengan marjin tujuh poin.

Pada gim penentu, pertarungan sengit kembali terjadi di antara Tontowi/Liliyana dan Yoo/Chang. Kedua pasangan bergantian meraih poin sejak perebutan poin pertama.