Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jelang Derby della Madonnina: Wasit Mengarah ke Inter

By Dwi Widijatmiko - Jumat, 18 November 2016 | 11:34 WIB
Wasit Paolo Tagliavento (tengah) mencabut kartu kuning buat bek Inter, Jeison Murillo, dalam duel Juventus versus Inter, 27 Januari 2016. (VALERIO PENNICINO/GETTY IMAGES)

Kamis (17/11), Paolo Tagliavento terpilih sebagai wasit yang akan bertugas di partai derby della Madonnina antara AC Milan dan Inter, Minggu (20/11) di San Siro.

Wasit berusia 44 tahun itu memang termasuk salah satu wasit elite di Liga Italia. Tagliavento sudah memimpin 193 pertandingan Serie A sepanjang kariernya.

Wasit yang dipilih bertugas, apalagi untuk partai sebesar derby della Madonnina, seharusnya adil buat kedua tim. Tetapi, penunjukan Tagliavento boleh jadi telah membuat hasil akhir derbi nanti mengarah ke kesuksesan Inter.

Tagliavento tercatat sudah 30 kali memimpin pertandingan Inter. Hasilnya? Inter menang 19 kali, empat kali seri, dan hanya tujuh kali kalah.

Baca juga:

Persentase kemenangan Inter jika pertandingannya diwasiti Tagliavento mencapai 63 persen.

Bagaimana dengan Milan? Tagliavento 25 kali memimpin pertandingan Milan. I Rossoneri hanya menang 10 kali alias persentase kemenangan cuma 40 persen.

Dalam 15 partai lain, Milan mendapatkan sembilan hasil seri dan enam kali kalah.

Jadi, penunjukan Tagliavento akan memenangkan Inter?

Nanti dulu. Tagliavento sudah pernah satu kali mewasiti derby della Madonnina. Tepatnya pada pekan ke-12 Serie A 2010-11.