Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Liliyana: Yang Penting, Kami Siap dan Jangan Kendor

By Delia Mustikasari - Kamis, 17 November 2016 | 13:46 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir,bereaksi setelah berhasil membuat poin saat menghadapi Kenta Kazuno/Ayane Kurihara (Jepang). Tontowi/Liliyana menang atas Kenta/Ayane dengan 21-15, 21-11, pada laga babak kedua yang berlangsung di Haixia Olympic Sports Center, Kamis (17/11/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berhasil melaju ke babak perempat final China Terbuka 2016.

Mereka mengalahkan pasangan Jepang, Kenta Kazuno/Ayane Kurihara, dengan 21-15, 21-11, pada laga yang berlangsung di Haixia Olympic Sports Center, Kamis (17/11/2016).

Meskipun menang dua gim langsung, Tontowi/Liliyana mengatakan belum tampil all out pada pertandingan perdananya ini. Mereka mengaku masih beradaptasi dengan kondisi lapangan. Apalagi, ini merupakan pertemuan pertama Tontowi/Liliyana dengan Kazuno/Kurihara.

"Kami sempat mencari bentuk permainan terbaik karena masih beradaptasi pada pertandingan pertama. Ini pertemuan pertama, jadi mungkin belum langsung panas," kata Tontowi.

"Di awal gim, kami startnya agak lambat, jadi sempat tertinggal dulu. Tetapi, di pertengahan gim pertama hingga kedua sudah mulai menikmati permainan," kata Liliyana menambahkan.

Pada babak perempat final, Tontowi/Liliyana masih menunggu hasil laga antara Yoo Yeon-seong/Chang Ye-na (Korea Selatan) dan Liu Cheng/Huang Dongping (China).

Dengan pasangan Yoo/Chang, mereka pernah sekali bertemu pada Taiwan Terbuka 2011. Saat itu, Tontowi/Liliyana menang dengan 15-21, 21-13, 21-16.

Sementara itu, Tontowi/Liliyana belum pernah bertemu dengan Liu/Huang.

"Yang penting, kami siap terus dan jangan kendor. Belajar dari hari ini kami harus langsung in dan fokus karena bisa berbahaya juga kalau tidak langsung fokus," ucap Liliyana.

Indonesia masih berpeluang menambah wakil melalui pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto yang akan menghadapi Liu Yuchen/Chen Lu (China).

Sebelumnya, pasangan Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti gagal melangkah ke perempat final setelah kalah dari Zheng Siwei/Chen Qingchen (China) dengan 12-21, 19-21.