Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marcus/Kevin ke Babak Kedua China Terbuka, Berry/Hendra Terhenti

By Rabu, 16 November 2016 | 12:16 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon (kiri)/Kevin Sanjaya Sukamuljo, mengembalikan kok dari pasangan Korea Selatan, Kim Jae-hwan/Yoo Yeon-seong, pada babak pertama China Terbuka di Fuzhou, Rabu (16/11/201). (BADMINTONINDONESIA.ORG)

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi pasangan ganda putra pertama Indonesia yang berhasil menembus babak kedua China Terbuka 2016.

Mereka berhasil menundukkan Kim Jae-hwan/Yoo Yeon-seong (Korea Selatan) 21-18, 23-21 pada babak pertama yang berlangsung di Haixia Olympic Sports Center, Rabu (16/11/2016).

Kim/Yoo merupakan pasangan baru. Yoo sebelumnya berpasangan dengan Lee Yong-dae yang baru-baru ini mundur dari tim nasional.

"Mereka kelihatannya belum terlalu kompak. Beda banget dengan ketika Yoo berpasangan dengan Lee Yong-dae. Kim bolanya belum sematang Lee Yong-dae," kata Marcus seusai bertanding.

Meski baru dipasangankan, Kim/Yoo sudah bermain bagus. Mereka bisa memberi perlawanan sengit kepada pasangan Indonesia sepanjang 38 menit pertandingan.

Persaingan poin kedua pasangan berlangsung ketat. Masing-masing pasangan tidak pernah ungggul lebih dari tiga poin.

Pada babak kedua, Marcus/Kevin akan menghadapi pasangan Inggris, Marcus Ellis/Chris Langridge. Peraih medali perunggu Olimpiade Rio 2016 tersebut mendapat bye pada babak pertama.

Kedua pasangan ini sudah dua kali bertemu dengan Marcus/Kevin selalu keluar sebagai pemenang. Pada pertemuan terakhir di Indonesia Open 2016, Marcus/Kevin menang 22-20, 21-15.

"Yang penting lebih tenang saja mainnya. Kami sudah pernah bertemu dua kali dan mereka gaya mainnya suka aneh-aneh di lapangan. Yang penting kami harus fokus terus," kata Kevin.

Sukses Marcus/Kevin ini tidak diikuti pasangan Berry Angriawa/Hendra Setiawan. Mereka kalah 19-21, 14-21 dari Lee Jhe-huei/Lee Yang (China).

Indonesia masih memiliki dua pasangan ganda putra yang belum bertanding yaitu Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi.