Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Chelsea 3-4-3; Lebih Ganas, Lebih Aman, Lebih Konkret

By Kamis, 17 November 2016 | 12:59 WIB
Bek Chelsea, Gary Cahill, dan Kiper Chelsea, Thibaut Courtois, merayakan kemenangan timnya atas Southampton dalam laga lanjutan Premier League 2016-2017 di Stadion St Mary's, Southampton, pada 30 Oktober 2016. (IAN WALTON/GETTY IMAGES)

Statistik permainan Chelsea jelas memperlihatkan perubahan positif sejak mengganti formasi ke 3-4-3. The Blues kini menjadi lebih ganas, lebih aman, dan lebih konkret.

Penulis: Dwi Widijatmiko

Lebih ganas karena Chelsea sekarang mencetak lebih banyak gol dan menciptakan lebih banyak peluang.

Tidak tanggung-tanggung, Eden Hazard dkk. mencetak gol dua kali lipat lebih banyak dibandingkan waktu mereka masih memakai pola empat bek.

Lebih aman karena kiper Thibaut Courtois dan trio bek Cesar Azpilicueta-Gary Cahill-David Luiz belum pernah kebobolan sejak memakai 3-4-3.

Jumlah tembakan yang diterima lawan bisa mulai ditekan sampai yang paling spektakuler, pada penampilan terakhir, Everton dibikin hanya bisa melepas satu tembakan!

"Formasi baru ini membuat kami merasa lebih aman dalam hal defensif," kata Courtois di Metro.

Kemudian Chelsea juga menjadi lebih konkret. Hal ini bisa dilihat dari turunnya statistik penguasaan bola serta akurasi operan.

Chelsea tidak lagi berusaha berlama-lama memegang bola, tapi menebus turunnya angka ball possession dengan mengalirkan bola lebih cepat ke tujuan.

Keberadaan dua bek sayap plus kreativitas Hazard dan Pedro membuat Si Biru bisa mengeksekusi taktik ini dengan sempurna.