Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gagal Tumbangkan Spanyol, Pelatih Inggris Ogah Cari Kambing Hitam

By Ade Jayadireja - Rabu, 16 November 2016 | 10:10 WIB
Manajer interim Inggris, Gareth Southgate, dalam laga uji coba melawan Spanyol pada Selasa (15/11/2016) (MIKE HEWITT/GETTY IMAGES)

Manajer interim Inggris, Gareth Southgate, hanya bisa berlapang dada atas hasil imbang 2-2 yang diraih timnya saat menjajal Spanyol dalam laga uji coba, Selasa (15/11/2016).  

Inggris sebenarnya unggul dua gol lebih dulu dalam duel kontra Spanyol di Stadion Wembley. The Three Lions memimpin lewat penalti Adam Lallana pada menit ke-9 dan satu dari Jamie Vardy (48').

Namun, barisan belakang Inggris lengah pada babak kedua. Gol Iago Aspas (89') dan Isco (90+6') memaksa laga berakhir seri 2-2.

Southgate enggan mencari kambing hitam atas hasil tersebut. Ia menganggap penampilan anak-anak asuhnya sudah luar biasa meski gagal mempertahankan keunggulan.

Baca juga:

"Penampilan kami fantastis dan saya tidak bisa menyalahkan usaha mereka," tutur Southgate dikutip BBC.

"Saya senang dengan cara mereka dalam menekan lawan dan mengalirkan bola ke depan dalam situasi serangan balik," ujar mantan bek timnas Inggris itu.

Lebih lanjut, Southgate merasa ada hikmah di balik kegagalan timnya menundukkan Spanyol.

"Mungkin hasil ini lebih baik bagi kami untuk jangka panjang. Kami jadi tahu apa yang harus dilakukan," kata Southgate.

Bagi Inggris, hasil ini adalah seri kedua mereka dalam lima laga terakhir.

Sebelumnya, Lallana dkk memetik kemenangan atas Slovakia (1-0), Malta (2-0), ditahan imbang tanpa gol oleh Slovenia, dan membekuk Skotlandia 3-0.