Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

3 Tahun Perputaran Roda Nasib Balotelli dan Belotti

By Beri Bagja - Kamis, 10 November 2016 | 20:45 WIB
Aksi perayaan gol penyerang timnas Italia, Andrea Belotti (kanan), setelah menjebol gawang Makedonia dalam partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Skopje, Makedonia, 9 Oktober 2016. (CLAUDIO VILLA/GETTY IMAGES)

Perputaran roda nasib tak bisa ditebak. Dalam waktu 3 tahun, Mario Balotelli (26) dan Andrea Belotti (22) mengalami jalan hidup berbeda yang nyaris berkebalikan.

Balotelli dan Belotti sama-sama berposisi sebagai penyerang. Nama belakang mereka juga hampir sama sekilas.

Soal popularitas, Balotelli jelas lebih tinggi. Dia juga lebih dulu meroket sebagai striker kondang, sedangkan Belotti baru menonjol semusim ke belakang.

Tiga tahun lalu, tepatnya Maret 2013, Belotti masih berstatus pemain Albinoleffe, klub peserta Lega Pro atau kompetisi Divisi III dalam sistem Liga Italia.

Sementara Balo sedang menanjak sebagai pemain baru AC Milan yang direkrut dari Manchester City. Keduanya bertemu secara kebetulan saat menggunakan kereta yang sama.

Pertemuan tersebut dipublikasikan Belotti melalui akun Facebook pribadi pada 18 Maret 2013.


Foto Andrea Belotti (kiri) dengan Mario Balotelli yang di-upload di akun Facebook Belotti, tertanggal pada 18 Maret 2013.(DOK. CALCIOMERCATO/FACEBOOK)

Ketika itu, pertemuan Belotti dengan Balotelli menjadi momen perjumpaan pemain semenjana dengan bintang klub pujaannya. Belotti memang diidentifikasi sebagai fan Milan.

Tiga tahun setelah pertemuan itu, kondisi seperti berkebalikan. Karier Belotti meningkat bersama Palermo (2013-2015), Torino (2015-...), dan kini dipilih pelatih Giampiero Ventura untuk timnas Italia.

Belotti dijagokan memimpin lini depan Gli Azzurri bersama Ciro Immobile dalam partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Liechtenstein (12/11/2016) dan uji coba versus Jerman (15/11/2016).