Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Trump Terpilih sebagai Presiden AS, Pebalap F1 Ini Putus Sponsor

By Pipit Puspita Rini - Kamis, 10 November 2016 | 19:00 WIB
Pebalap Force India asal Meksiko, Sergio Perez, melambaikan kepada penonton saat parade jelang balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City, Minggu (30/10/2016). (PEDRO PARDO/AFP PHOTO)

Pebalap Formula 1 asal Meksiko, Sergio Perez, memutus kontrak dengan sponsor kacamatanya, Hawkers MX, melalui akun Twitter-nya, @SChecoPerez.

Keputusan Perez ini dipicu oleh status yang tertulis dalam akun Twitter Hawkers MX. Dalam cicitannya, @HawkersMX menulis bahwa kacamata mereka bisa dipakai untuk menyamarkan mata bengkak setelah menangis.

"Warga Meksiko, pakai kacamata ini untuk menutupi matamu yang bengkak (karena menangis) saat pembangunan tembok," demikan tulis Hawkers MX pada Rabu (9/11/2016).

Hal ini berkaitan dengan terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat (AS). Trump berencana membangun tembok pembatas antara AS dan Meksiko.

Perez langsung bereaksi setelah membaca status tersebut.

"Komentar yang sangat buruk. Hari ini saya memutus hubungan kerja sama dengan @HawkersMX. Saya tidak akan membiarkan siapa pun melecehkan negara saya," tulis pebalap yang biasa disapa Checo tersebut.

Tak hanya Perez, banyak warga Meksiko yang langsung menyatakan kekesalan mereka atas cicitan Hawkers MX tersebut.

Hawkers MX pun langsung menghapus status tersebut dan menyampaikan permintaan maaf baik dalam tulisan maupun video.

Hubungan kerja sama antara Hawkers MX dan Perez hanya berumur beberapa pekan. Hawkers MX baru saja meluncurkan kacamata edisi Perez yang dijual seharga 725 peso Meksiko atau sekitar Rp 500.000.