Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tanpa Gol Edin Dzeko, Roma Tak Pernah Menang

By Beri Bagja - Selasa, 1 November 2016 | 08:10 WIB
Aksi selebrasi penyerang AS Roma, Edin Dzeko, setelah menjebol gawang Udinese dalam laga Serie A di Stadio Olimpico, Roma, 20 Agustus 2016. (FILIPPO MONTEFORTE/AFP)

Edin Dzeko sedang menikmati bulan madu bersama AS Roma dalam start Serie A musim ini. Klub beralias I Lupi (Serigala) sepertinya tak bisa menampik adanya efek ketergantungan terhadap striker berusia 30 tahun itu.

Dzeko menjalani periode positif dalam 11 pekan perdana. Pemain asal Bosnia-Herzegovina ini memimpin daftar top scorer sementara Serie A dengan 10 gol.

Catatan itu sudah melebihi koleksi gol Dzeko dalam dua musim lalu di liga bersama Roma (8 gol; 2015-2016) dan Manchester City (4 gol; 2014-2015).

Akibatnya, sudah muncul istilah "Dzeko-dipendente" alias ketergantungan terhadap Dzeko di kubu Roma saat ini.

Hal itu karena I Lupi terbukti tak pernah menang jika sang bomber gagal mencetak gol dalam partai bersangkutan.

Efek ketergantungan ini terpapar dalam hasil-hasil Roma sampai pekan ke-11. Nama Dzeko absen tercantum di papan skor dalam 4 kesempatan.

Seluruhnya berujung kegagalan menang saat I Lupi bertemu Cagliari (2-2), Fiorentina (0-1), Torino (1-3), dan musuh teranyar, Empoli (0-0).

Baca Juga:

Secara berlawanan, tujuh alias seluruh kemenangan Roma pun muncul dengan adanya kontribusi gol-gol Dzeko.

Penampilan sang bomber sejauh ini mencerminkan perubahan nasibnya yang begitu cepat. Dari pemain yang terancam didepak pada akhir musim lalu, Dzeko bangkit menjadi idola suporter Sang Serigala.