Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Inilah 5 Kiper Premier League dengan Penyelamatan Terbanyak

By Nugyasa Laksamana - Selasa, 1 November 2016 | 03:58 WIB
Kiper Burnley, Tom Heaton, menangkap bola saat melakoni laga Premier League kontra Manchester United, di Stadion Old Trafford, Sabtu (29/10/2016). (OLI SCARFF/AFP)

Premier League punya sederetan penjaga gawang kelas dunia. Namun, siapa sajakah yang menorehkan jumlah penyelamatan terbanyak hingga partai pekan ke-10?

Saat mendapatkan pertanyaan di atas, mungkin sebagian orang akan menyebut nama-nama beken seperti David de Gea, Petr Cech, atau Thibaut Courtois. Jika itu jawabannya, mereka salah.

Ketiga nama tersebut sama sekali tak menghiasi daftar lima teratas kiper Premier League dengan penyelamatan terbanyak musim ini.

Peringkat pertama dari daftar itu justru diraih penjaga gawang Burnley, Tom Heaton. Heaton baru saja mencuri perhatian jagat sepak bola Inggris dengan tampil heroik pada partai kontra Manchester United, di Stadion Old Trafford, Sabtu (29/10/2016).

Dalam laga tersebut, ia sukses membuat para pemain dan suporter Setan Merah frustrasi. Berbagai serangan dan upaya dari Zlatan Ibrahimovic dkk sanggup dimentahkan Heaton.

"Untung saja, tembakan bisa saya blok walau hampir membuat tangan saya patah!" kata Heaton saat membahas soal tendangan Ibrahimovic.

Pria 30 tahun itu tercatat melakukan 11 penyelamatan. Manchester United pun dipaksa mengakhiri pertandingan dengan kedudukan imbang tanpa gol.

Berkat aksi impresifnya, Heaton pun menjadi kiper Premier League dengan jumlah penyelamatan terbanyak pada musim ini.

Ia unggul 21 angka dari penjaga gawang Sunderland, Jordan Pickford.

Lima kiper Premier League dengan penyelamatan terbanyak pada musim ini: