Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Peluang Timor Leste Main di Putaran Final Piala AFF 2016 Sirna

By Estu Santoso - Selasa, 18 Oktober 2016 | 18:30 WIB
Striker Timor Leste, Ricardo Souza da Cruz Maia (kanan) merayakan golnya ke gawang Laos di di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (18/10/2016) (AFFSUZUKICUP.COM)

PHNOM PENH, JUARA.net – Tim nasional (timnas) Timor Leste harus menunggu dua tahun lagi untuk main di Piala AFF. Mereka dipastikan tak lolos ke putaran final Piala AFF 2016.

Pada laga terbaru di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Timor Leste kalah tipis 1-2 dari Laos, Selasa (18/10/2016) sore. Laos yang dilatih Valakone Phomphakdy unggul dulu jelang jeda tepatnya menit ke-41.

Gol pembuka kemenangan Laos dicetak oleh Phatthana Syvilay melalui sepakan 12 pas. Keunggulan itu bertahan sampai jeda pertandingan.

Striker Timor Leste, Ricardo Souza da Cruz Maia sempat menyamakan skor saat laga memasuki menit ke-79. Namun enam menit skot imbang, Laos kembali unggul melalui gol gelandang Soukaphone Vongchiengkham.

Baca juga:

Gol Soukaphone Vongchiengkham jadi yang terakhir tercipta pada laga ini. Hasil ini pun membuat Timor Leste dipastikan tak bias lolos dari kualifikasi Piala AFF 2016 ini.

Sebab, mereka kalah 1-2 dari Brunei Darussalam pada laga pertama, Sabtu (15/10/2016). Kala itu, Brunei unggul melalui gol Adi Said dan Shafie Effendy dan Timor Leste mencetak gol hiburan via Rufino Gama.

Untuk Laos yang menang pada laga kontra Timor Leste, peluangnya ke putaran final juga belum terbuka. Sebab, mereka juga kalah pada pertandingan pertama akhir pekan lalu.

Pada laga itu, Laos dikalahkan tuan rumah Kamboja dengan skor 2-1. Tuan rumah mencetak gol melalui Prak Mony Udom dan Chhin Chhoeun. Satu gol Laos disumbangkan oleh Moukda Souksavath.

Kualifikasi Piala AFF 2016 hanya mengambil satu tim untuk lolos ke putaran final. Juara dari kualifikasi akan gabung pada fase Grup B bersama Malaysia, Vietnam, dan tuan rumah Myanmar.