Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bek FC Bayern yang Rentan Cedera Ini Siap Beraksi

By Jumat, 14 Oktober 2016 | 18:40 WIB
Holger Badstuber (Timnas Jerman) mencetak gol ke gawang Italia di semifinal Euro 2012. (Joern Pollex/Getty Images)

Hanya ada delapan anggota skuat utama FC Bayern Muenchen yang mengikuti sesi latihan pekan lalu. Selain Philipp Lahm, Franck Ribery, Xabi Alonso, Rafinha, Juan Bernat dan kiper Sven Ulreich serta Tom Starke, Holger Badstuber juga terlihat berada di fasilitas latihan Muenchen.

Penulis: Wieta Rachmatia

Untuk pertama kalinya, Badstuber berlatih bersama anggota tim Muenchen lainnya sejak mengalami cedera otot pada Agustus silam. Bukan tak mungkin bek berusia 27 tahun ini bisa kembali beraksi di lapangan hijau dalam waktu dekat.

"Proses pemulihan Badstuber berlangsung sangat cepat. Saya berharap dia bisa segera memperkuat tim ini lagi," ucap pelatih Muenchen, Carlo Ancelotti, seperti dilansir Kicker.

Bisa dibilang Muenchen membutuhkan Badstuber mengingat klub tersebut baru saja kehilangan Javi Martinez.

Bek tengah berkewarganegaraan Spanyol ini didera masalah otot pada pangkal paha sebelah kiri. Belum diketahui hingga kapan Martinez harus absen.

Muenchen sesungguhnya masih punya beberapa stok pemain untuk menempati posisi sebagai bek tengah. Hingga kini, Mats Hummels dan Jerome Boateng masih menjadi andalan di jantung pertahanan klub yang bermarkas di Allianz Arena tersebut.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, keduanya terlihat lebih rentan cedera. Dipanggilnya Hummels dan Boateng untuk membela tim nasional Jerman tentu saja berpotensi meningkatkan risiko munculnya masalah baru.

Sementara itu, Joshua Kimmich dan David Alaba sesungguhnya dalam kondisi fit. Akan tetapi, penampilan di laga internasional juga berpeluang memengaruhi kebugaran mereka.

Sebagai catatan, Muenchen akan bertandang ke markas Eintracht Frankfurt pada laga pekan ke-7 Bundesliga (15/10/2016).

Berselang empat hari, mereka harus menjamu PSV Eindhoven dalam partai penyisihan grup Liga Champion. Minus 12 Pemain Selama jeda kompetisi klub, Muenchen kehilangan 12 pemain.

Mereka dipercaya untuk membela tim nasional masing-masing untuk tampil di ajang Kualifi kasi Piala Dunia 2018. Total jarak yang harus ditempuh 12 pemain Muenchen mencapai angka 66.428 kilometer.

Arturo Vidal merupakan pemain yang harus menempuh perjalanan paling jauh, yaitu 25.994,96 kilometer dari Muenchen menuju Cile dan Ekuador.

Sementara itu, pasukan Jerman yang terdiri dari Manuel Neuer, Thomas Mueller, Kimmich, Boateng, dan Hummels lebih beruntung karena hanya menempuh perjalanan 1.233 kilometer.

Kedua partai Kualifi kasi Piala Dunia 2018 yang harus dilakoni skuat Der Panzer digelar di Jerman. Tepatnya di kota Hamburg (vs Republik Ceska pada 8 Oktober), dan Hanover (vs Irlandia Utara pada 11 Oktober).

Pantas ditunggu apakah Muenchen akan mampu kembali meraup kemenangan setelah jeda kompetisi klub.