Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Graziano Pelle Ditendang dari Skuat Italia

By Lariza Oky Adisty - Jumat, 7 Oktober 2016 | 20:32 WIB
Graziano Pelle, penyerang Italia yang memperkuat klub China, Shandong Luneng, berupaya mengejar bola dalam laga Piala Eropa 2016 melawan Spanyol di Stade de France, Saint-Denis, 27 Juni 2016. (MARTIN BUREAU/AFP)

Striker Italia, Graziano Pelle, dicoret dari skuat untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia Grup G Zona Eropa melawan Macedonia, Minggu (9/10/2016). Dia dianggap menunjukkan perilaku kurang terpuji.

Pelle bermain sebagai starter saat Italia bermain seri 1-1 melawan Spanyol, Kamis (6/10/2016), sebelum digantikan oleh Ciro Immobile pada menit ke-60. Namun, dalam pertandingan tersebut, dia menolak bersalaman dengan pelatih Gli Azzuri, Giampiero Ventura.

Hal itu menyebabkan Ventura dan Asosiasi Sepak Bola Italia (FIGC) memutuskan memulangkan Pelle ke klubnya, Shandong Luneng. Dia pun tidak disertakan dalam laga kontra Macedonia di Skopje, Selasa mendatang.

"Giampiero Ventura dan FIGC sepakat mengeluarkan Graziano Pelle dari skuat melawan Macedonia karena perilaku yang tidak menunjukkan rasa hormat saat diganti dalam laga kontra Spanyol," demikian bunyi pernyataan resmi FIGC.

FIGC mengatakan bahwa setiap pemain harus menunjukkan perilaku yang baik sesuai dengan filosofi tim. Pelle tidak menunjukkan sikap tersebut.

"Menjadi bagian tim nasional berarti setiap pemain harus menunjukkan penghargaan terhadap nilai yang dianut tim, seperti menghormati staf, rekan setim, dan para penggemar. Pelle akan kembali ke klubnya setelah ini," lanjut pernyataan tersebut.

Pelle pun sudah mengakui kesalahannya setelah kejadian tersebut.

"Saya berbuat salah. Sikap saya terhadap pelatih tidak bisa diterima dan saya juga sudah mengecewakan teman-teman setim yang sudah menunjukkan semangat tim nasional Italia. Setiap kesalahan punya konsekuensi dan saya siap menanggungnya. Dengan kerendahan hati, saya minta maaf," tulis Pelle dalam pernyataan di akun Instagram pribadinya.

Adapun Ventura menyiratkan dia tidak ingin membesarkan masalah tersebut dan menganggap Pelle tidak puas dengan performanya sendiri.

"Hal seperti ini kerap terjadi. Rasanya Graziano sedang marah pada dirinya karena tampil kurang maksimal," kata Ventura.