Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Zidane: Real Madrid Punya Masalah Psikologis

By Lariza Oky Adisty - Jumat, 7 Oktober 2016 | 17:33 WIB
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane dalam pertandingan final UEFA Champion League melawan Atletico Madrid di Stadio Giuseppe Meazza, 28 Mei 2016. (MATTHIAS HANGST/GETTY IMAGES. )

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengatakan bahwa timnya memerlukan bantuan psikolog untuk bangkit dari hasil kurang memuaskan di empat pertandingan terakhir.

El Real hanya meraih empat poin hasil empat kali seri di La Liga dan Liga Champions.

Mantan pelatih Real Madrid, Fabio Capello, sempat menyebut kehadiran Cristiano Ronaldo yang kurang fit sebagai sumber masalah Real Madrid akhir-akhir ini.

Zidane punya pendapat berbeda. Dia merasa bahwa masalah anak-anak buahnya terletak pada kondisi mental mereka.

"Kami masih mencari solusi terbaik masalah ini. Sekarang situasinya rumit, tetapi saya rasa problem Real Madrid ada di aspek mental dan bukan di fisik," ujar Zidane.

Pelatih asal Prancis tersebut juga mengatakan selalu mengomunikasikan perihal rotasi pemain kepada Ronaldo dkk.

Dia juga tidak mau memaksakan Ronaldo tampil ketika pemain asal Portugal tersebut belum berada dalam permainan terbaiknya.

"Saya mengatakan kepada para pemain tentang pentingnya rotasi agar mereka semua tetap bisa bermain. Mereka tidak akan bisa bermain maksimal jika jarang diturunkan," tutur Zidane.

"Kalau Cristiano marah ketika diganti, saya rasa wajar. Dia ingin membantu klub dan itu hal yang bagus, tetapi saya tidak yakin seorang pemain sanggup bermain di 60 pertandingan dalam satu musim," lanjut Zidane.

Saat ini, Madrid masih tertahan di peringkat dua klasemen sementara La Liga dengan perolehan angka 15 dari tujuh pekan pertandingan musim 2016-2017.