Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menuju Laga Kontra Vietnam, Ini Fokus Alfred Riedl untuk Timnas

By Jumat, 7 Oktober 2016 | 05:45 WIB
Para pemain timnas Indonesia menjalani latihan perdana untuk persiapan kontra Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (6/10/2016) sore. (GONANG SUSATYO/JUARA.net)

SLEMAN, JUARA.net – Tim nasional (timnas) Indonesia kembali menjalani pemusatan latihan dan uji coba internasional. Anak asuh Alfred Riedl akan menjamu Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Minggu (9/10/2016).

Timnas Indonesia menjalani latihan pertama di Maguwoharjo, Kamis (6/10/2016). Dengan pelatnas yang singkat ini, pelatih Alfred Riedl langsung menggeber latihan. Meski, para pemain baru tiba pada pagi dan siang hari.

Riedl hanya bisa menggelar latihan pendek karena persiapan menuju Piala AFF 2016 berbarengan dengan digulirkannya TSC 2016. Bahkan, pertandingan TSC tetap dilaksanakan meski timnas menggelar uji coba resmi.

“Skuat pertama yang dimainkan tidak jauh berbeda dengan saat melawan Malaysia."

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl

Dari pemain yang dipanggil, gelandang Sriwijaya FC, Ichsan Kurniawan terpaksa tidak bisa datang. Karena, pemain berusia 20 tahun itu mengalami cedera.

Sementara itu, duo Persipura Jayapura, Boaz Solossa dan Dominggus Fakdawer terlambat datang ke Sleman. Akibatnya, mereka langsung menuju stadion dan latihan terpisah.

Karena pelatnas hanya berlangsung selama tiga hari, Alfred Riedl lebih fokus pada taktik dan strategi untuk menghadapi Vietnam. Pelatih asal Austria ini juga tidak memberikan porsi latihan keras.


Gelandang Evan Dimas menjalani latihan perdana timnas Indonesia untuk persiapan kontra Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (6/10/2016) sore. (GONANG SUSATYO/JUARA.net)

”Kami hanya menjalani pemusatan latihan selama tiga hari. Jadi, saya fokus pada taktik dan strategi menghadapi Vietnam. Saya berharap tim bisa menunjukkan performa terbaik pada uji coba ini,” ujar Alfred Riedl.

Dia mengungkapkan, starting eleven timnas tidak jauh berbeda seperti saat beruji coba melawan Malaysia di Solo. Namun, dia menilai skuat tersebut bukan menjadi gambaran tim inti di Piala AFF 2016.

“Skuat pertama yang dimainkan tidak jauh berbeda dengan saat melawan Malaysia. Tetapi, tim itu bukan berarti yang inti di Piala AFF. Apalagi, kami masih punya waktu satu bulan untuk persiapan,” tuturnya.

[video]https://video.kompas.com/e/5158198687001_v1_pjuara[/video]