Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Perang Bek Kanan dan Striker di Timnas Spanyol

By Kamis, 6 Oktober 2016 | 12:08 WIB
Sergi Roberto (kiri) berebut posisi bek kanan dengan Dani Carvajal. (ANDER GILLENEA/AFP PHOTO, DAVID RAMOS/GETTY IMAGES)

Berdasarkan dua partai pertamanya sebagai pelatih tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui sepertinya sudah punya proyeksi skuat untuk Piala Dunia 2018. Meski begitu, tampaknya ada dua posisi yang bikin mantan bos Porto itu perlu memutar otak untuk menentukan pemain yang tepat.

Penulis: Theresia Simanjuntak

Dalam kemenangan 2-0 atas Belgia pada duel uji coba (1/9) dan 8-0 atas Liechtenstein pada gim Kualifi kasi Piala Dunia 2018 empat hari berselang, Lopetegui menurunkan para pemain yang relatif sama sebagai starter.

David De Gea, Gerard Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba, Sergio Busquets, Vitolo, Thiago Alcantara, Koke, dan David Silva selalu turun sejak menit awal di dua laga itu.

Yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi Lopetegui ialah pemain kunci pada posisi bek kanan dan striker.

Dani Carvajal dan Sergi Roberto sedang berperang untuk posisi bek kanan. Carvajal menjadi starter melawan Belgia, lalu digantikan Roberto pada menit ke-85.

Kontra Liechtenstein, Roberto tampil penuh selama 90 menit. Perebutan tempat antara Carvajal dengan Roberto bakal berlangsung lama mengingat keduanya masih berusia 24 tahun.

Keduanya jelas memiliki kemampuan untuk menggoda Lopetegui karena sama-sama berstatus pemain utama di level klub. Carvajal andalan Real Madrid, sementara Roberto memperkuat Barcelona.

Satu hal yang lebih memungkinkan Roberto sebagai pemain utama Spanyol era Lopetegui adalah dirinya bisa ditempatkan di berbagai posisi, seperti gelandang dan sayap.

Yang jelas, Carvajal dan Roberto perlu mempertahankan performa mereka di klub dan timnas selama Lopetegui terus memanggil mereka membela negara, termasuk panggilan terkini untuk duel versus Italia (6/10) dan Albania (9/10).