Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ketika Petugas Lintasan Nyaris Tertabrak Mobil F1

By Senin, 19 September 2016 | 05:14 WIB
Seorang marshal berlari ke tepi lintasan untuk menghindari rombongan mobil F1 yang kembali berlomba seusai terjadi kecelakaan di GP Singapura, Minggu (18/9/2016). (MOHD RASFAN/AFP)

Seorang marshal atau petugas lintasan nyaris tertabrak di GP Singapura. Hal itu dikarenakan dia tak mengetahui bahwa lomba kembali dilanjutkan setelah sempat terhenti akibat adanya kecelakaan. 

Kejadian itu terjadi pada putaran pertama GP Singapura. Sesaat setelah Nico Hulkenberg mengalami kecelakaan, safety car masuk ke lintasan Marina Bay.

Sejumlah marshal mengibarkan bendera tanda bahaya. Salah satu marshal, kemudian masuk ke lintasan untuk membersihkan serpihan dari kecelakaan yang dialami Hulkenberg.

Dilansir dari ESPN, safety car "mengawal" para pebalap tersisa selama tiga putaran. Setelah itu, balapan kembali dilanjutkan.

Akan tetapi, salah seorang petugas masih berada di lintasan. Untung saja, dia bisa segera berlari menyelamatkan diri ke tepi lintasan, beberapa detik sebelum mobil Nico Rosberg melewatinya.

Baca Juga:

"Saya pikir kami tidak memperkirakan lomba kembali begitu cepat," kata Rosberg seusai balapan.

"Untung saja, petugas itu bisa tepat waktu (menyelamatkan diri). Ke depannya, kami (para pebalap) harus lebih berhati-hati," tutur pemenang GP Singapura 2016 ini.

Kejadian "sosok asing" masuk ke lintasan bukanlah hal baru di GP Singapura. Sehari sebelumnya, seekor biawak bahkan melintas ketika berlangsung latihan bebas ketiga.

Tahun lalu, seorang penyusup juga masuk ke lintasan ketika balapan tengah berlangsung. Kejadian ini sampai membuat safety car keluar untuk "mengamankan" lomba.