Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Vettel: Ferrari Punya Peluang Bagus Raih 'Pole Position' GP Singapura

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 17 September 2016 | 15:51 WIB
Pebalap Scuderia Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, saat berada di garasi tim sebelum menjalani sesi latihan kedua GP Singapura di Sirkuit Jalan Raya Marina Bay, Jumat (16/9/2016). (MOHD RASFAN/AFP PHOTO)

Pebalap Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, optimistis timnya punya peluang bagus untuk meraih pole position pada GP Singapura yang berlangsung di Sirkuit Marina Bay Street, Singapura, Sabtu (17/9/2016).

Vettel mencatat waktu putaran tercepat ketiga pada sesi latihan pertama dengan putaran terbaik 1 menit 46,287 detik. Dia kemudian mempertajam catatan waktu putarannya menjadi 1 menit 45,161 detik pada latihan kedua.

Namun, rekor waktu putaran tersebut hanya bisa menempatkan Vettel di urutan kelima, di bawah Nico Rosberg (Mercedes), Kimi Raikkonen (Ferrari), Max Verstappen (Red Bull Racing), dan Daniel Ricciardo (Red Bull Racing).

"Saya pikir catatan waktu putaran saya tidak terlalu bagus, sementara Kimi justru mencatat waktu putaran sangat bagus. Saya sedikit kesulitan menemukan ritme, tetapi secara keseluruhan musim ini adalah musim yang baik," kata Vettel yang dilansir Crash.

Ferrari menjadi satu-satunya tim papan atas yang belum bisa menunjukkan taji pada sesi latihan hari pertama GP Singapura, Jumat (16/8/2016).

Baca Juga:

Pada sesi latihan pertama, Verstappen membawa tim Red Bull menjadi yang tercepat. Pada sesi latihan kedua, giliran Rosberg yang berhasil mengantar Mercedes sebagai tim dengan kecepatan mobil terbaik.

"Tentu sangat sulit untuk melakukan aksi salip di sirkuit jalan raya ini, jadi kami harus bisa memperkecil segala kemungkinan buruk dengan meraih hasil baik pada sesi kualifikasi, setelah itu kami melihat apa yang akan terjadi saat balapan," ujar Vettel.

"Kualifikasi penting, kami perlu menyiapkan segala sesuatunya dengan benar. Saya pikir kami bisa mengembangkan apa yang telah didapat. Jika kami melakukannya dengan benar, saya pikir kami punya peluang bagus," kata pebalap yang biasa disapa Seba itu.

Vettel datang ke GP Singapura tahun ini dengan status juara bertahan. Musim lalu, Vettel sukses naik podium kampiun setelah mengalahkan Ricciardo dan Raikkonen.

Sesi latihan ketiga GP Singapura 2016 dijadwalkan pada pukul 17.00 WIB, sedangkan sesi kualifikasi pada pukul 20.00 WIB.