Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lawan Australia U-19, Indonesia U-19 akan Tampil Lebih Segar

By Segaf Abdullah - Jumat, 16 September 2016 | 06:42 WIB
Pelatih Eduard Tjong (kanan) memberikan pengarahan kepada para pemain Indonesia U-19 pada latihan di Vietnam Youth Training Centre, Hanoi, Sabtu (10/9/2016) sore. (Dok. TIMNAS U-19 INDONESIA)

Pelatih tim nasional (timnas) U-19 Indonesia, Eduard Tjong, bakal melakukan rotasi pemain untuk laga kontra Australia U-19 di Vietnam Youth Training Center, Jumat (16/9/2016). Dua posisi yang menjadi fokus pelatih berusia 44 tahun itu ada di lini tengah dan depan.

Jeda per laga yang hanya sehari, membuat Edu, sapaan Eduard Tjong, juga dituntut memperhatikan proses pemulihan stamina anak-anak asuhnya. Pada laga tersebut, eks pelatih PS TNI itu ingin timnya tampil disiplin dan fokus.

"Dua sampai tiga pemain akan kami rotasi. Itu harus dilakukan karena kami sudah bermain dua kali berturut-turut," kata Edu dalam temu pers pralaga, Kamis (15/9/2016).

Misi mahasulit memang diemban Edu dalam laga ketiga Grup B Piala AFF U-19 2016. Garuda Muda dituntut meraih poin penuh untuk menjaga peluang ke babak semifinal.

Apalagi, sang lawan, Australia, adalah pimpinan klasemen sementara sekaligus tim terproduktif Grup B dengan lima gol dan tanpa kebobolan.

"Peluang kami belum habis. Untuk itu, kami tidak akan bermain bertahan. Kami tidak takut dengan Australia." ucapnya.

"Walaupun kami harus akui Australia adalah tim yang tangguh. Mereka punya pressing dan body charge yang bagus, serta postur tinggi," ujar Edu.

Sejauh ini, Indonesia belum meraih poin seusai dua kali kalah dengan skor identik 2-3 dari Myanmar dan Thailand.

Menurut Edu, empat dari enam gol yang bersarang di gawang Garuda Muda merupakan hasil kesalahan sendiri dalam penempatan posisi.

[video]https://video.kompas.com/e/5119115556001_v1_pjuara[/video]