Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indonesia Kehilangan Sang Kapten pada Laga Perdana AFF U-19

By Verdi Hendrawan - Senin, 12 September 2016 | 11:20 WIB
Kapten Tim nasional U-19 Indonesia, Andy Setyo Nugroho (kiri), jelang pertandingan uji coba menghadapi Persikama Kab Malang. (GONANG SUSATYO/JUARA.NET)

Pertandingan Piala AFF U-19 belum juga dilakoni, tim Indonesia sudah menghadapi permasalahan. Kapten Garuda Muda, Andy Setyo Nugroho, mengalami cedera dan dipastikan absen pada laga perdana.

Indonesia akan memulai perjalanan mereka pada fase Grup B Piala AFF U-19 menghadapi Myanmar pada Senin (12/9/2016) di Stadion Hang Day, Hanoi.

Setelah diterpa beberapa permasalahan klise dalam masa persiapan, kini tim arahan Eduard Tjong itu harus kehilangan Andy Setyo pada laga pertama. Sang bek tengah itu mengalami cedera pada latihan tim di Lapangan ACB Phuong Dong, Sabtu (10/9/2016).

Baca Juga:

Meski demikian, Edu, sapaan akrab Eduard Tjong, berusaha tetap tenang menghadapi masalah tersebut. Pelatih berusia 44 tahun itu pun mengaku telah memiliki solusi dari permasalahan tersebut.

"Andi Setyo mengalami cedera, jadi kami tidak bisa menurunkan dia saat melawan Myanmar. Namun, kami sudah menyiapkan Hanif (Abdurrauf Sjahbandi) sebagai penggantinya," tutur Edu.

"Kami juga akan menggunakan formasi 4-2-3-1 pada pertandngan nanti," ucapnya.

Cederanya Andy ini juga dibenarkan oleh fisioterapis timnas U-19, Aditya Praweswara. Ia pun menyebutkan bahwa Andy tetap memiliki peluang tampil pada laga kedua menghadapi Thailand, Rabu (14/9/2016).

"Andy mengalami cedera hamstring karena ototnya tertarik saat latihan perdana kemarin. Yang jelas, pada laga perdana dia akan absen," kata Aditya.

"Untuk laga selanjutnya kami melihat perkembangan Andy. Semoga dia bisa cepat fit. Saat ini kami terus melakukan terapi demi mempercepat proses kesembuhan," ucapnya.