Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kunci Kemenangan Ronald/Melati

By Delia Mustikasari - Minggu, 11 September 2016 | 21:21 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti, berpose dengan medali yang didapatnya setelah menjuarai Indonesian Masters 2016 di Gedung Dome, Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (11/9/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti, sukses menjadi kampiun pada Indonesia Masters 2016.

Unggulan kedua ini mengalahkan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia) dengan 21-16, 21-17, pada laga yang berlangsung di Gedung Dome, Balikapapan, Minggu (11/9/2016).

Gelar ini menjadi gelar yang pertama buat Ronald/Melati pada 2016. Terakhir kali mereka naik podium kampiun pada Taiwan Terbuka 2015.

"Yang pasti bangga dan senang karena hasil dari latihan yang kami jalani setiap hari tidak sia-sia. Kami memenuhi target karena menjadi unggulan dua. Yang pasti, kemenangan ini tidak kami jadikan beban," kata Ronald seusai bertanding.

Sejak awal gim pertama, Ronald/Melati lebih mendominasi jalannya pertandingan.

Pada gim kedua, Tan/Lai sempat menyamakan kedudukan menjadi 11-11, namun Ronald/ Melati kembali unggul hingga berhasil memastikan kemenangan.

"Kami tetap fokus di lapangan, tetap tenang, rileks. dan enjoy selama pertandingan. Di tiap poin kami tetap fokus dan jangan sampai lengah," kata Ronald.

"Saya lebih nothing to lose dan menikmati permainan seperti Ronald. Kami lebih konsentrasi saja di setiap poinnya," ucap Melati menambahkan.

Berhadapan dengan pasangan Malaysia, Ronald/Melati mengaku sudah mempelajari pola permainan lawan. Tan/Lai sebelumnya selalu mengalahkan pemain Indonesia sejak babak pertama.

"Kami sudah lihat permainan mereka kemarin saat menghadapi Edi/Richi. Mereka banyak mendapat poin dari permainan bola atas. Jadi, pelatih kami memberi tahu untuk menurunkan bola terus jangan sampai defense karena smash Tan juga kencang," kata Ronald.

Hasil yang diraih Ronald/Melati kali ini lebih baik dibanding jika dibandingkan capaian mereka tahun lalu. Kala itu, mereka kalah dari Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pada babak kedua.

Setelah ini, Ronald/Melati akan bertanding pada PON 2016 yang digelar 17-29 September di Jawa Barat (Jabar). Ronald akan memperkuat tim Jawa Timur (Jatim), sementara Melati membela Jawa Tengah (Jateng).