Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pep Guardiola Cetak Sejarah di Derbi Manchester

By Ade Jayadireja - Sabtu, 10 September 2016 | 21:54 WIB
Gestur pelatih Manchester City, Pep Guardiola, pada laga Stoke vs Man City di Bet365Stadium pada 20 Agustus 2016 di Stoke-on-Trent. (CHRIS BRUNSKILL/GETTY IMAGES)

Kemenangan Manchester City atas Manchester United pada pekan ke-4 Premier League 2016-2017, Sabtu (10/9/2016), menjadi sebuah catatan emas buat Pep Guardiola selaku manajer The Sky Blues.

Bermain di markas lawan, Old Trafford, City sukses memetik kemenangan 2-1. Dua gol tim tamu dicetak oleh Kevin De Bruyne (15') dan Kelechi Iheanacho (36').

Sementara itu, satu-satunya gol Man United lahir dari Zlatan Ibrahimovic pada menit ke-42.

Berkat hasil tersebut, Guardiola masuk buku sejarah Premier League. Ia menjadi pelatih ke-4 yang mampu menyapu bersih kemenangan dalam 4 laga perdana.

Sebelum derbi Manchester, City arahan Pep menumbangkan Sunderland (2-1), Stoke City (4-1), dan West Ham United (3-1).

Tiga pelatih yang pernah menorehkan prestasi serupa adalah Jose Mourinho, Guus Hiddink, dan Carlo Ancelotti.

Baca juga:

Kemenangan di Teater Impian juga menambah rekor positif Guardiola atas juru taktik United, Mourinho. Dari 17 pertemuan, ia berhasil menang 9 kali.

"Kami bahagia. Saya pikir penonton menikmatinya karena kedua tim bermain terbuka sampai akhir," tutur Guardiola selepas kemenangan atas United.

Selanjutnya, Guardiola akan mendampingi pasukan City dalam laga pertama penyisihan grup Liga Champions kontra Borussia Moenchengladbach, Selasa (13/9/2016).