Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dibobol Boaz dan Bachdim, Kiper Malaysia Tolak Salahkan Bek

By Segaf Abdullah - Kamis, 8 September 2016 | 13:42 WIB
Pelatih Ong Kim Swee (kanan) dan kiper Khairul Fahmi Che Mat dalam sesi latihan timnas Malaysia di lapangan Wisma FAM, Kelana Jaya, Selangor, Senin (29/8/2016) sore. (Dok. FOOTBALL ASSOCIATION of MALAYSIA)

Penjaga gawang tim nasional (timnas) Malaysia, Khairul Fahmi Che Mat, enggan menyalahkan barisan belakang timnya. Menurut kiper berusia 27 tahun itu, kekalahan 0-3 dari Indonesia adalah tanggung jawab tim secara kolektif.

Pada laga yang dilangsungkan di Stadion, Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016) tersebut, tiga gol Indonesia yang bersarang di gawang Khairul Fahmi adalah murni kesalahan barisan belakang Malaysia.

"Ada masa-masa dimana pemain melakukan kesalahan. Terkadang, saya juga membuat kesalahan," ucap Fahmi, Kamis (8/9/2016).

"Beruntung laga ini hanya berlabel uji coba. Jadi, kami bisa memperbaiki kelemahan yang ada untuk turnamen sesungguhnya," katanya.

Kembali membahas kekalahan tersebut, Fahmi mengungkapkan malaysia kehilangan fokus pada awal laga. Tidak heran, gawang kiper klub Liga Super Malaysia (LSM) itu dibobol tiga kali dalam 21 menit.

"Indonesia menghukum kesalahan yang kami perbuat. Mereka begitu bersemangat meraih kemenangan setelah setahun disanksi FIFA," tutur Fahmi.

Sebelum pergelaran Piala AFF 2016 di Myanmar dan Filipina, 19 November-17 Desember 2016, Malaysia masih memiliki tiga agenda uji coba. Dua laga yang sudah dipastikan yakni melawan Singapura dan Afghanistan, Oktober mendatang.