Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kecuali Pendukung Madrid, Dilarang Bandingkan Ronaldo dan Messi

By Anju Christian Silaban - Rabu, 7 September 2016 | 23:28 WIB
Megabintang Real Madrid asal Portugal, Cristiano Ronaldo, berpose bersama trofi Liga Champions di CR7 Museum, Funchal, Madeira, Portugal, 23 Juli 2016. (HELDER SANTOS/AFP)

Eks kapten Barcelona, Xavi Hernandez, mengklaim bahwa hanya suporter Real Madrid yang melihat Cristiano Ronaldo lebih baik daripada Lionel Messi.

Kini, banyak orang menganggap Ronaldo tengah mengungguli Messi. Penilaian itu tidak lepas dari kesuksesan Ronaldo menjuarai Liga Champions dan Piala Eropa tahun ini.

Tidak dimungkiri oleh xavi pula, Ronaldo tengah berada di puncak kariernya setelah merengkuh dua trofi bergengsi tersebut.

Hanya, Ronaldo belum dianggap sebanding dengan Messi, yang sudah menggondol lima penghargaan Ballon d'Or.

"Ada banyak pemain terbaik sepanjang sejarah. Ronaldo memang luar biasa, tetapi bagi saya dan setiap orang yang menyukai sepak bola, dirinya belum bisa dibandingkan dengan Messi," tutur Xavi.

"Messi akan menjadi nomor satu selama dirinya mau. Dia terlihat superior daripada pemain lain, kecuali Anda adalah pendukung Real Madrid," kata gelandang Al Sadd itu.

Xavi sendiri sempat bekerja dengan Messi di Barcelona dari 2004 hingga 2015. Dalam kurun tersebut, keduanya memenangi empat trofi Liga Champions.