Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ada Klausul yang Bisa Picu Transfer Ronaldo ke Barcelona

By Anju Christian Silaban - Rabu, 7 September 2016 | 09:34 WIB
Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, menjalani program pemulihan cedera di Valdebebas, 20 Agustus 2016. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP)

 Eks pemain Real Madrid asal Portugal, Luis Figo, menyatakan bahwa peluang Cristiano Ronaldo pindah ke Barcelona tetap terbuka.

Pendapat Figo didasari klausul pelepasan dalam kontrak Ronaldo bersama Madrid. Nilainya mencapai 1,5 miliar euro (sekitar Rp 22 triliun).

Apabila Barcelona bersedia membayarkan jumlah sebesar itu, Madrid tidak bisa menghalangi. Transfer tinggal bergantung kesediaan Ronaldo.

"Kita berada di pasar bebas. Apabila ada klausul pemutusan, semuanya bisa terjadi," ucap Figo.

Langkah serupa pernah diambil Figo pada musim panas 2000. Saat itu, Madrid mengaktifkan klausul pelepasan sebesar 60 juta euro.

"Alasan pertama adalah pengakuan dari Presiden Madrid Florentino Perez. Segalanya semakin serius, lalu saya menerima tawaran dan melaporkan ke Barcelona dengan harapan ada peningkatan nilai kontrak," kata Figo.

Harapan Figo tidak terealisasi. Alhasil, bekas pemilik nomor kostum 7 di tim nasional Portugal itu menyeberang ke Santiago Bernabeu.