Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jerman Terlalu Perkasa bagi Norwegia

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 5 September 2016 | 03:37 WIB
Thomas Mueller melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama Jerman ke gawang Norwegia dalam laga pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup C zona Eropa, Minggu (4/8/2016) waktu setempat. (ALEX GRIM/GETTY IMAGES)

Tim nasional Jerman memperlihatkan keperkasaan melawan Norwegia di pertandingan pembuka babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa Grup C, Minggu (4/9/2016) waktu setempat. Juara Piala Dunia 2014 menang telak 3-0 meski tampil sebagai tim tamu di Stadion Ullevaal, Oslo.

Thomas Mueller mencetak dua dari tiga gol Jerman ke gawang Norwegia. Satu gol lain ditorehkan Joshua Kimmich.

Sekalipun bermain sebagai tim tamu, Jerman tidak kesulitan untuk mendominasi jalannya pertandingan sejak menit awal.

Pasukan Joachim Loew langsung bisa membuka keunggulan 1-0 saat pertandingan baru berjalan 15 menit. Berawal dari umpan Mesut Oezil, Mueller tidak berhasil memaksimalkan peluang pada kesempatan pertama.

Namun, setelah itu justru terjadi kemelut di depan gawang Rune Jarstein. Bola yang kembali masuk dalam jangkauan Mueller kali ini tidak disia-siakan dan menjadi gol dengan melepaskan tembakan kaki kiri.

Pada menit ke-20 Norwegia mendapatkan satu-satunya peluang bagus di babak pertama dari Alexander Tettey. Bermula dari umpan Jonas Svensson, Tettey mendapatkan posisi bagus untuk melepaskan tembakan keras. Namun, tendangannya masih sedikit berada di atas mistar gawang Manuel Neuer.

Setelah itu, Jerman kembali terus-menerus menekan pertahanan Norwegia. Derasnya tekanan membuat gawang Jarstein akhirnya kembali kebobolan pada menit terakhir babak pertama.

Gol kedua Jerman dicetak Joshua Kimmich usai menerima umpan terobosan dari Mueller. Memanfaatkan kecepatan berlari, Kimmich sanggup melepaskan tembakan keras mendatar kaki kanan dari dalam kotak penalti tanpa mampu diantisipasi Jarstein.

Unggul 2-0 di babak pertama membuat Jerman bermain semakin percaya diri di paruh kedua. Sementara itu, tim tuan rumah rumah malah tambahk kesulitan agar dapat keluar dari tekanan.

Baca Juga: