Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hamilton Akan Start Paling Depan pada Balapan GP Italia

By Delia Mustikasari - Sabtu, 3 September 2016 | 20:13 WIB
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton (tengah), berpose setelah memastikan pole position GP Italia. Dia didampingi rekan satu timnya, Nico Rosberg (kiri) dan pebalap Ferrari, Sebastian Vettel yang masing-masing start dari posisi kedua dan ketiga di Sirkuit Monza, Sabtu (3/9/2016). (ANDREJ ISAKOVIC/AFP)

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, akan start paling depan pada balapan GP Italia setelah meraih pole position di kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Monza, Sabtu (3/9/2016).

Bagi Hamilton, hasil ini melanjutkan catatan positif pada latihan kedua dan ketiga yang menempatkannya sebagai pebalap tercepat.

Pada awal sesi, bendera kuning berkibar setelah Esteban Ocon (Manor) melewati tikungan 1 di area chicane. Dia mengalami masalah di mobilnya, sehingga gagal membuat putaran terbaik.

Pada kualifikasi pertama (Q1) yang berlangsung dalam 20 menit ini diikuti 22 pebalap dan akan memilih 16 orang untuk lolos ke kualifikasi kedua.

Enam pebalap yang tersingkir di sesi ini adalah Daniil Kvyat (Toro Rosso), Felipe Nasr (Sauber), Marcus Ericsson (Sauber), Jolyon Palmer (Renault), Kevin Magnussen (Renault), dan Ocon.

Adapun pebalap tercepat pada sesi ini adalah Hamilton dengan mencatat 1 menit 21, 809 detik.

Kualifikasi kedua (Q2) berlangsung selama 15 menit untuk memilih 10 pebalap yang berhak mengikuti kualifikasi kedua.

Enam pebalap yang gagal berlanjut ke kualifikasi ketiga adalah Felipe Massa (Williams), Romain Grosjean (Haas), Fernando Alonso (McLaren), Pascal Wehrlein (Manor), Jenson Button (McLaren), dan Carlos Sainz (Toro Rosso).

Kualifikasi ketiga (Q3) diisi oleh 10 pebalap. Nico Rosberg (Mercedes) menjadi yang pertama mencatat waktu tercepat dengan 1 menit 21,648 detik.

Namun, Hamilton melewati catatan ini dan memimpin dengan 1 menit 21, 358 detik.