Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hamilton Jadi yang Tercepat pada Sesi Latihan Ketiga GP Italia

By Delia Mustikasari - Sabtu, 3 September 2016 | 17:57 WIB
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, sedang berada di garasi saat menjalani sesi latihan ketiga GP Italia di Sirkuit Monza, Sabtu (3/9/2016). (MARK THOMPSON/GETTY IMAGES)

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, tampil sebagai yang tercepat pada sesi latihan ketiga GP Italia yang berlangsung di Sirkuit Monza, Sabtu (3/9/2016). Hasil ini mengulang raihan positif saat dia menjalani sesi latihan kedua, Jumat (2/9/2016).

Esteban Gutierrez (Haas) menjadi pebalap yang mencatat putaran terbaik dalam 1 menit 24, 721 detik pada awal sesi.

Rekan satu timnya, Romain Grosjean menggesernya setelah melakukan putaran dalam 1 menit 24, 036 detik.

Ketika sesi berjalan selama 11 menit, Grosjean tergelincir ke sisi kanan pembatas. Setelah itu, Virtual Safety Car (VSC) memasuki lintasan untuk mengangkut mobil Grosjen dan dia gagal melanjutkan sesi.

Grosjean mengaku kehilangan gearbox sebelum mengalami kecelakaan. Sesi kembali dilanjutkan enam menit kemudian.

Dengan menggunakan ban supersoft, Daniel Ricciardo (Red Bull Racing) memimpin dengan putaran terbaik 1 menit 23, 709 detik.

Namun, posisinya tidak bertahan lama setelah digeser Lewis Hamilton (Mercedes) yang mencatat putaran dalam 1 menit 22, 856 detik dan dipertajam menjadi 1 menit 22, 008 detik ketika sesi berjalan 41 menit.

Insiden kembali terjadi saat Jolyon Palmer (Renault) tergelincir di Parabolica ketika sesi tersisa 2 menit.

Catatan Hamilton bertahan sebagai yang tercepat hingga sesi selama 60 menit berakhir. Rosberg berada di urutan kedua, disusul Sebastian Vettel (Ferrari).

Kimi Raikkonen (Ferrari) menutup sesi dengan berada di urutan keempat, diikuti Valteri Bottas (Williams) di urutan kelima.

Para pebalap akan bersaing pada sesi kualifikasi, Sabtu (3/9/2016), mulai pukul 14.00 waktu setempat (19.00 WIB).