Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Vettel Minta Maaf ke Raikkonen

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 2 September 2016 | 07:15 WIB
Pebalap Formula 1 (F1) yang membela tim Ferrari, Sebastian Vettel, menghadiri konferensi pers GP Italia di Sirkuit Monza, Kamis (1/9/2016). (ANDREJ ISAKOVIC/AFP PHOTO)

Sebastian Vettel meminta maaf kepada rekan setimnya di Ferrari, Kimi Raikkonen, atas insiden yang terjadi di tikungan pertama lap kesatu GP Belgia, Minggu (28/8/2016).

Mobil Vettel dan Raikkonen, bersama jet darat pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, saling bersenggolan pada awal balapan saat tengah memperebutkan posisi. Akibat peristiwa itu, sayap depan mobil Verstappen rusak, sedangkan Raikkonen mengalami selip.

Banyak orang menilai kesalahan ada pada Vettel karena dia tidak memberi cukup ruang kepada dua mobil dari sisi dalam. Vettel mengakui hal ini dan meminta maaf kepada Raikkonen setelah melihat rekaman video.

"Tidak banyak yang bisa diperdebatkan dan jelas apa yang terjadi. Saya pikir hanya ada Kimi di sisi dalam, tetapi ternyata kami beriringan bertiga," tutur Vettel yang dilansir Motorsport, Kamis (1/9/2016).

"Ruang yang saya beri kepada Kimi bukan untuk tiga mobil. Max berada di luar persaingan, tetapi dia tidak berpikir begitu. Saya tidak dapat melihat banyak lewat kaca spion. Jika harus mengulang balapan, jelas saya akan memberi sedikit ruang," kata pebalap Jerman itu.

Baca Juga:

Argumen serupa juga disampaikan Raikkonen dan menerima permintaan maaf Vettel. Menurut pebalap Finlandia berjulukan "The Ice Man" itu, insiden pada GP Belgia akhir pekan lalu adalah suatu hal yang disayangkan.

"Dia meminta maaf dan saya menjawab oke, mari melanjutkan musim ini. Bukan suatu hal ideal bagi kami bertiga untuk terlibat insiden tersebut, tetapi kadang hal seperti itu terjadi. Jelas, lain kali kami akan memberi lebih banyak ruang," kata Raikkonen.

Vettel menyelesaikan GP Belgia di urutan keenam, sementara Raikkonen finis kesembilan. Hasil ini lebih baik ketimbang yang didapat Verstappen.

Pebalap Belanda-Belgia itu hanya bisa finis di urutan ke-11 setelah memulai balapan pada posisi kedua.