Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persib Jadi Klub Paling Sering Ditonton di TSC

By Segaf Abdullah - Rabu, 31 Agustus 2016 | 08:59 WIB
Pendukung Persib memberikan dukungan klub idolanya saat menjamu Arema di Stadion Si Jalak Harupat, Kab Bandung pada Sabtu (27/8/2016) petang. (Dok. PT GTS)

Direktur Utama PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku operator Kejuaraan Sepak Bola Torabika (TSC) 2016, Joko Driyono, membeberkan kinerja popularitas klub-klub TSC, diukur lewat rating televisi. Dalam daftar tersebut, Persib Bandung menjadi yang terpopuler.

Hal itu disampaikan Joko Driyono saat melakukan rapat evaluasi putaran pertama TSC dengan perwakilan klub-klub peserta di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (30/8/2016) malam.

Dalam pertemuan tersebut, disepakati pula menyoal uang tambahan sebesar Rp 15 miliar yang akan dibagikan kepada 18 klub peserta TSC sesuai dengan prestasi klub berdasarkan rating televisi.

"Ini akan menjadi pemicu bagi semua klub untuk meningkatkan popularitas kinerjanya. Soalnya, besaran pendapatan tambahan bagi masing-masing klub akan diukur sesuai peringkatnya dalam hal rating televisi," kata Joko.

Baca Juga:

"Persela Lamongan yang berada di ranking ke-18, namun ratingnya ada peringkat di peringkat ke-7. Persib Bandung ada di papan tengah, tetapi berada di urutan pertama soal rating televisi," ucapnya.

Tercatat, laga Persib kontra Persija Jakarta pada pekan ke-10 menjadi duel paling banyak ditonton sepanjang paruh pertama TSC.

Ya, seiring berkembangnya sepak bola, sumber pendapatan klub memang bukan hanya dari penjualan tiket. Akan tetapi, klub juga bisa menarik keuntungan via hal lain seperti penjualan merchandise klub hingga hak siar stasiun televisi.