Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wenger Samakan Pemain ini dengan Emmanuel Petit

By Lariza Oky Adisty - Senin, 29 Agustus 2016 | 13:17 WIB
Gelandang Arsenal, Granit Xhaka, dalam lakon uji coba lawan Manchester City di Gothenburg, 7 Agustus 2016. (NILS PETTER NILSSON/OMBRELLO/GETTY IMAGES)

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, terkesan dengan penampilan pemain barunya, Granit Xhaka, saat The Gunners menang 3-1 atas Watford di Stadion Vicarage Road, Sabtu (27/8/2016). Wenger menilai Xhaka bisa sejajar dengan legenda Arsenal, Emmanuel Petit.

Meski Xhaka tidak mencetak gol pada pertandingan tersebut, Wenger tetap memujinya.

"Dia pemain yang natural dan gaya mainnya hampir serupa Emmanuel Petit. Xhaka memberi umpan-umpan panjang yang bagus dan sanggup bermain dengan para bek tengah," kata Wenger.

Petit adalah salah satu pemain legendaris Arsenal. Pemain asal Prancis tersebut bermain selama tiga tahun dari 1997 hingga 2000 dan memenangi satu trofi Premier League, Piala FA, dan dua piala Charity Shield.


Arsene Wenger (tengah) saat memperkenalkan Emmanuel Petit (kiri) dan Marc Overmars sebagai rekrutan baru Arsenal, 17 Juni 1997.(ADRIAN DENNIS/AFP)


Menurut Wenger, dia sudah berusaha membeli Xhaka dari Borussia Moenchengladbach sejak Desember 2015 lalu.

Namun, Keinginannya baru terealisasi pada musim panas 2016.

Arsenal membayar 34 juta pounds atau Rp 591 miliar untuk pemain asal Swiss tersebut.

"Dia punya fisik yang bagus, jago di udara, dan keseimbangan yang baik. Granit baru berusia 24 dan sudah punya pengalaman bermain di luar negeri. Dia juga menjadi kapten Gladbach, artinya dia punya kepemimpinan," kata Wenger.