Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menjamu Juventus, Lazio Haus Gol

By Sabtu, 27 Agustus 2016 | 16:40 WIB
Aksi Ciro Immobile, saat Lazio melawan Atalanta dalam laga lanjutan Serie A 2016-2017 di Stadion Atleti Azzurri d'Italia, Bergamo, pada 21 Agustus 2016. (PIER MARCO TACCA/GETTY IMAGES)

Walaupun musim panas berlangsung kacau, Lazio mampu mendapatkan hasil ideal di partai pertama Serie A 2016-2017.

Penulis: Dwi Widijatmiko

Persiapan Lazio menuju musim yang tidak menyenangkan. Mereka ditinggal pelatih Marcelo Bielsa hanya dua hari setelah penandatanganan kontrak.

Gli Aquilotti kembali melihat suporter tidak antusias menyikapi aktivitas di bursa transfer. Sempat hanya ada 11 orang yang membeli tiket terusan I Biancocelesti.

Lazio kehilangan Antonio Candreva, yang pindah ke Inter. Sementara itu, bintang yang lain, Felipe Anderson, tidak bisa mengikuti pramusim karena memperkuat Brasil di Olimpiade Rio.

Tetapi, dengan segala kesulitan itu, Lazio bisa meraih hasil maksimal di kandang Atalanta pada pekan pertama Serie A, 21 Agustus. Tim Elang menang dengan skor 4-3.

Lazio tampak tajam dengan empat gol dicetak empat pemain berbeda: striker baru Ciro Immobile, Wesley Hoedt, Cristiano Lombardio, dan Danilo Cataldi.

Tiga dari empat gol itu adalah hasil assist pemain-pemain yang juga berlainan: Sergej Milinkovic-Savic, Lucas Biglia, dan Dusan Basta.

Pelatih Simone Inzaghi tentunya berharap kekuatan ofensif yang terlihat di giornata pertama menjadi modal Lazio untuk menjalani pekan kedua menghadapi Juventus, Sabtu (27/8) di Olimpico.

Sang juara bertahan adalah pemilik pertahanan terbaik di Italia. "Kami akan butuh lebih dari sebuah penampilan yang sempurna," ujar gelandang Marco Parolo kepada Football Italia.

Tantangan akan lebih sulit lagi karena Lazio seperti mati kutu jika menghadapi Juventus.

Musim lalu Tim Elang tidak pernah bisa mencetak gol ke gawang Juve dalam empat pertemuan di Serie A, Coppa Italia, dan Supercoppa.

Inzaghi pasti merasa penasaran. Menangani Lazio sejak pekan-pekan terakhir musim lalu, taktiknya nyaris selalu menghadirkan gol.

Hanya, sekali Lazio besutan Inzaghi gagal mencetak gol. Partai itu adalah melawan Juventus pada pekan ke-34 musim kemarin.

Kelemahan ini diharapkan Inzaghi justru bisa menjadi motivasi bagi Lazio. Tim Elang haus gol ke gawang Juve dan kali ini mesti bisa mewujudkannya.