Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Verstappen Pede Red Bull Bisa Jaga Performa Hingga Balapan

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 27 Agustus 2016 | 12:15 WIB
Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, menghadiri konferensi pers menjelang seri balap F1, GP Belgia, di Sirkuit Spa-Francorchamps, Kamis (25/8/2016). (LOIC VENANCE/AFP PHOTO)

Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen optimistis timnya bisa menjaga performa pada sesi latihan bebas kedua (free practice/FP2) hingga hari balapan di Sirkuit Spa-Franchorchamps, Minggu (28/8/2016).

Verstappen tampil sebagai yang tercepat pada FP2, Jumat (26/8/2016). Dia mencatat waktu putaran paling cepat dengan rekor 1 menit 48,085 detik.

Sementara itu, rekan setimnya, Daniel Ricciardo, berada di urutan kedua pebalap tercepat dengan putaran terbaik 1 menit 48,341 detik.

"Hari yang baik. Tidak mudah mempersiapkan setelan mobil yang cocok untuk trek lurus panjang dan juga fast inner section, jadi saya cukup kesulitan untuk hal ini. Saat saya menemukan keseimbangan, catatan waktu mengikuti," tutur Verstappen yang dilansir Crash, Sabtu (27/8/2016).

Tim Red Bull berpeluang besar mendominasi GP Belgia, menyusul penalti 30 grid yang menimpa pebalap Mercedes, Lewis Hamilton.

Berkat hukuman itu, Hamilton dipastikan bakal memulai balapan di Spa dari grid belakang. Pimpinan klasemen sementara pebalap tersebut akan ditemani pebalap McLaren Honda, Fernando Alonso, dan pebalap Sauber, Marcus Ericcson.

Meski mendapat keuntungan dari hukuman Hamilton, Verstappen mengaku belum sepenuhnya yakin Mercedes akan tampil jeblok pada GP Belgia.

"Tentu saja Mercedes akan bangkit, mereka tim yang sangat kuat tetapi kami tahu hari ini adalah hari yang positif. Kami akan melihat apa yang akan terjadi," ujarnya.

"Kami jelas bisa meningkatkan performa. Kami harus menunggu dan melihat apa yang Mercedes lakukan, tetapi sejauh ini saya pikir kami punya mobil bagus dan titik mula yang sangat bagus," kata Verstappen.

Dari sisi psikologis, GP Belgia juga memberi keuntungan tersendiri bagi Verstappen yang berdarah Belgia-Belanda. Dia mengakui bahwa kehadiran para fans dari dua negara yang bertetangga ini memberinya motivasi lebih.