Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Atletico Madrid Mandul Tanpa Griezmann

By Jumat, 26 Agustus 2016 | 20:41 WIB
Selebrasi Kevin Gamerio (kedua-kiri) setelah mencetak gol kegawang Deportivo Alaves dalam pertandingan La Liga di Vicente Calderon, Madrid, Spanyol, 21 Agustus 2016. (GONZALO ARROYO MORENO/GETTY IMAGES)

Satu pelajaran penting dipetik Atletico Madrid dari laga pembuka La Liga 2016-2017 kontra Alaves, Minggu (21/8). Rival sekota Real Madrid itu tampak kehilangan taji seakan-akan lupa cara mencetak gol tanpa keberadaan Antoine Griezmann di lini depan.

Penulis: Indra Citra Sena

Berdasarkan statistik di Marca, Atletico melepaskan 27 tembakan sepanjang pertandingan, tetapi tak ada satu pun yang menggetarkan gawang Alaves, kecuali eksekusi penalti Kevin Gameiro pada additional time.

Secara keseluruhan, terdapat sembilan pemain Atletico yang melakukan usaha mencetak gol. Sebagian besar melenceng dari gawang (13 tembakan), sedangkan sisanya terbentur pemain lawan (11) dan mengenai mistar (2).

Sentuhan akhir Atletico terbilang memprihatinkan, namun pelatih Diego Simeone tampak santai dan terkesan belum menganggap hal ini sebagai permasalahan yang serius.

Dia lebih menyoroti sisi positif di mana setiap pemain mengerahkan kekuatan penuh demi mencari gol kemenangan.

"Tim ini begitu intens dalam melancarkan tekanan. Mereka tak henti mencoba menembus pertahanan Alaves dari berbagai penjuru," kata Simeone sebagaimana dikutip dari situs klub.

Simeone barangkali tetap tenang mengingat pekan depan ia bisa kembali memainkan Griezmann, yang telah terbebas dari suspensi akibat sanksi akumulasi kartu kuning. Dia akan mengisi pos striker di partai derbi versus Leganes, Sabtu (27/8).

Namun, bagaimana bila Griezmann absen lagi di kemudian hari? Simeone mesti secepatnya mencari solusi terbaik sebelum kemungkinan terburuk semacam itu menimpa Atletico. 


(ANDREAS JOEVI/JUARA.net)