Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rossi: Saya Sempat Frustrasi!

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 22 Agustus 2016 | 06:30 WIB
Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (kiri), berfoto dengan juara GP Ceska, Cal Crutchlow (LCR Honda) dan peringkat ketiga, Marc Marquez (Repsol Honda), di atas podium di Sirkuit Brno, Minggu (21/8/2016). (MICHAL CIZEK/AFP PHOTO)

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, sempat merasa frustrasi pada awal balapan GP Ceska yang berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu (21/8/2016). Hal itu tidak lepas dari kesalahan pemilihan ban yang digunakannya.

Valentino Rossi memulai balapan GP Ceska dari posisi keenam, tetapi dia gagal mempertahankan posisinya tersebut. Sebaliknya, pebalap Italia itu malah tercecer hingga ke urutan ke-12.

"Saya sudah bukan khawatir lagi, tetapi sudah frustasi!" ucap Rossi yang dilansir Motorsport.

"Karena saya mengatakan kepada diri sendiri, 'saya melakukan kesalahan lagi hari ini'. Saat saya melihat P12 di papan, setelah semua menyalip saya dari sisi luar, saya berteriak 'woooow, tidak!'," katanya lagi.

"Paruh kedua berjalan lucu, saya berhasil bangkit dan menyalip semuanya."

Pebalap Yamaha, Valentino Rossi

Rossi baru bisa memperbaiki posisi pada paruh kedua balapan. Saat menyelesaikan lap ke-16, Rossi sudah berada di urutan keempat.

Dua lap kemudian, Rossi yang melakukan overtaking atas Andrea Iannone (Ducati) berhasil menempati posisi kedua.

Posisi ini dipertahankan Rossi hingga akhir balapan. Dia finis sebagai runner-up, di belakang Cal Crutchlow (LCR Honda), yang memenangi gelar seri balap pertamanya.

"Memalukan karena saya mendapat setelah bagus dari pagi, tetapi saya tidak punya cengkeraman di ban belakang. Saat saya sudah mulai pulih, saya merasa telah membuat keputusan benar karena yang lain memakai ban soft," papar Rossi.

Baca Juga: 

"Paruh kedua berjalan lucu, saya berhasil bangkit dan menyalip semuanya. Saya sangat senang bisa kembali naik podium karena terakhir adalah saat menang di Barcelona. Setelahnya, banyak kesalahan, kesialan, dan selalu terulang. Saya sempat merasa sedih. Hari ini saya senang," ujarnya.