Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marquez Sesali Pilihan Ban pada GP Ceska

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 22 Agustus 2016 | 06:15 WIB
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat berada di podium seusai menyelesaikan balapan GP Ceska yang berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu (21/8/2016), pada urutan ketiga. (MICHAL CIZEK/AFP PHOTO)

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menyesali pilihan ban yang dipakai saat menjalani balapan basah pada GP Ceska, Minggu (21/8/2016). Marquez menyelesaikan seri balap ke-11 tersebut di urutan ketiga.

Gelar GP Ceska dimenangi pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, yang finis dengan catatan waktu 47 menit 44,290 detik, sedangkan posisi runner-up diraih pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

Rossi finis kedua dengan selisih 7,298 detik dari Crutchlow dan 2,289 detik atas Marquez. Padahal, Marquez semula mengharapkan hasil balapan yang lebih ketat.

"Jujur saja, saya berharap lintasan bisa kering lebih cepat. Atas alasan itu saya memilih memakai ban soft-soft, yang berarti di lap-lap terakhir saya berjuang keras. Itulah kesalahan saya," tutur Marquez yang dilansir Motorsport.

"Saya tahu Cal menggunakan ban hard-hard dan Valentino dengan ban belakang hard, mereka berdua menyalip saat saya tengah berjuang keras mempertahankan posisi," katanya lagi.

Baca Juga: 

Meski hanya finis ketiga, pebalap berjulukan "The Baby Alien" tetap senang. Tambahan 16 poin yang diraih memastikan dirinya tetap berada di puncak klasemen.

Marquez kini unggul 53 poin atas Rossi yang berada di urutan kedua.

Sementara itu, hasil buruk yang didapat rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo, membawanya turun satu setrip. Lorenzo kini berada di posisi ketiga dengan koleksi 138 poin.

Musim balap MotoGP 2016 menyisakan tujuh seri balap lagi.