Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Raih Perunggu, Ellis/Langridge Catat Sejarah

By Diya Farida Purnawangsuni - Kamis, 18 Agustus 2016 | 22:34 WIB
Pasangan ganda putra Britania Raya, Marcus Ellis/Chris Langridge, saat bertanding melawan Chai Biao/Hong Wei (China) pada babak perebutan medali perunggu Olimpiade Rio 2016 di Riocentro Pavilion 4, Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (18/8/2016). (GOH CHAI HIN/AFP PHOTO)

Pasangan ganda putra Britania Raya, Marcus Ellis/Chris Langridge, mencatat sejarah besar pada Olimpiade Rio 2016. Ellis/Langridge meraih medali perunggu setelah mengalahkan Chai Biao/Hong Wei (China) lewat permainan tiga gim, 21-18, 19-21, 21-10, Kamis (18/8/2016).

Kemenangan Ellis/Langridge di Riocentro Pavilion 4 ini menjadikan mereka sebagai pasangan ganda putra Britania Raya pertama yang berhasil memenangi medali Olimpiade.

Sebelumnya, Britania Raya meraih medali perunggu dari pasangan ganda campuran Simon Archer/Joanne Goode pada Olimpiade Sydney 2000.

Ellis/Langridge membuka gim pertama dengan baik. Mereka mengambil inisiatif menyerang lebih dulu untuk unggul 3-1.

Chai/Hong lalu menyamakan kedudukan setelah serangan-serangan yang dilancarkan mereka membuahkan poin. Chai/Hong mencapai interval dalam kedudukan unggul 11-10.

Chai/Hong masih melanjutkan keunggulan ini pada awal paruh kedua gim pertama. Ganda putra berperingkat kelima dunia itu memimpin dengan skor 15-13.

Namun Ellis/Langridge pantang menyerah. Mereka mampu membalikkan keadaan untuk memenangi gim pertama.

Pertarungan sengit antara Ellis/Langridge dan Chai/Hong berlanjut pada gim kedua, tetapi Chai/Hong mampu bermain lebih konsisten. Mereka mencapai interval dalam keunggulan 11-9.

Ellis/Langridge sempat memberi tekanan kepada Chai/Hong. Mereka berhasil memangkas selisih poin dari 15-19 menjadi 18-19.

Akan tetapi, upaya Ellis/Langridge ini belum berhasil menyelesaikan pertandingan. Chai/Hong memenangi gim kedua setelah pukulan Chai yang mengarah ke badan Ellis tidak bisa dikembalikan.