Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tiga Misi Pelatih Indonesia U-19 Saat Bersua Filipina U-19

By Jumat, 19 Agustus 2016 | 00:17 WIB
Para pemain timnas U-19 saat melakukan latihan sesi sore di Stadion UNY, Yogyakarta pada Kamis (18/8/2016). (GONANG SUSATYO/JUARA.net)

19 Indonesia siap memaksimalkan uji coba melawan Filipina U-19. Pelatih Eduard Tjong pun mengusung tiga misi penting untuk skuat Garuda Muda pada pertandingan persahabatan ini.

Kedua timnas ini akan melakoni uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (19/8/2016). Laga ini merupakan uji coba pertama timnas U-19 melawan tim dari negara lain.

Kebetulan lain, kedua tim sama-sama dipersiapkan tampil di Piala AFF U-19 edisi 2016 di Hanoi, Vietnam.

”Kami tidak mengetahui kekuatan Indonesia. Tetapi, kami sudah siap menghadapinya."

Kapten Filipina U-19, Mark Anthony Winhoffer

”Ada tiga hal yang ingin saya tekankan dari uji coba ini. Laga tersebut menjadi uji mental bertanding pemain. Selain itu, saya ingin melihat daya tahan pemain,” kata Edu, sapaan Eduard Tjong.

”Mereka sudah menjalani pemusatan latihan dan kini bagaimana daya tahan pemain di pertandingan. Terutama setelah mereka uji coba melawan tim Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) FC, Selasa (16/8/2016),” lanjutnya.

Tak hanya itu. Kerja sama dan penyelesaian akhir juga menjadi perhatian mantan pelatih PS TNI ini. Dia berharap kerja sama tim sudah meningkat. Begitu pula penyelesaian akhir pemain, sudah harus lebih baik.


Para pemain Filipina U-19 sebelum melakukan uji lapangan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (18/8/2016) sore. (GONANG SUSATYO/JUARA.net)

”Terutama untuk mental bertanding, pemain harus maksimal. Saat melawan UNY FC, mental bertanding pemain belum kuat,” tutur Eduard.

”Ini yang menjadikan lawan bisa menguasai permainan pada menit-menit awal pertandingan,” ucapnya.

Di laga tersebut, Eduard akhirnya tidak menurunkan pemain sayap Pandi Lestaluhu yang cedera hamstring dalam uji coba melawan UNY FC.