Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ulang Tahun Kemerdekaan RI dan Emas Olimpiade

By Pipit Puspita Rini - Rabu, 17 Agustus 2016 | 21:29 WIB
Duta besar Indonesia untuk Brasil, Toto Riyanto, berpose setelah menggelar upacara untuk merayakan ulang tahun kemerdekaan RI ke-71 di Rio de Janeiro, Rabu (17/8/2016). (PIPIT PUSPITA RINI/JUARA.NET)

Pada Rabu (17/8/2016), Indonesia memperingati hari ulang kemerdekaan yang ke-71. Bagi warga Indonesia yang berada di Brasil, hari ini terasa lebih istimewa dari biasanya.

Laporan Pipit Puspita Rini dari Rio de Janeiro, Brasil

Di Brasil, tepatnya di Rio de Janeiro, saat ini tengah berlangsung pesta olahraga terbesar di dunia yang digelar empat tahunan, Olimpiade.

Para atlet yang masih berada di Rio ikut menghadiri upacara bersama di posko Indonesia yang berada di area Rue Atila Nunes, Recreio, Dos Bandeirantes.

“Jujur saja, ini adalah upacara yang paling bagus sejak saya di sini karena pesertanya banyak. Warga Indonesia yang ada di sini memang tidak banyak,” kata Duta Besar RI di Brasil, Toto Riyanto, setelah upacara.

Toto mengaku sangat senang dan bersyukur karena peringatan ulang tahun kemerdekaan RI kali ini bisa dirayakan bersama para atlet nasional.

“Upacara kali ini terasa spesial karena kita selenggarakan berbarengan dengan Olimpiade. Saya sangat bersyukur bisa merayakannya bareng sama atlet. Ini pengalaman yang akan sulit terulang,” ujarnya lagi.

Toto mengatakan bahwa warga Indonesia yang ada di Rio de Janeiro hanya lima orang. Namun, khusus untuk perayaan HUT RI kali ini, beberapa warga Indonesia dari luar kota ada yang datang.

“Ada yang datang dari Sao Paulo. Mereka berangkat dari sana tengah malam dan tiba di sini pagi-pagi. Kami berharap Sang Merah Putih juga akan berkibar paling tinggi di arena Olimpiade,” kata Toto.

Indonesia berpeluang meraih medali emas pada Olimpiade Rio 2016 lewat pebulu tangkis ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.