Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lee Chong Wei Lolos ke Semifinal Olimpiade Rio

By Diya Farida Purnawangsuni - Rabu, 17 Agustus 2016 | 19:46 WIB
Pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, mengembalikan kok saat bertanding melawan Tien Chen Chou (Taiwan) pada babak perempat final Olimpiade Rio di Riocentro Pavilion 4, Rio de Janeiro, Brasil, Rabu (17/8/2016). (GOH CHAI HIN/AFP PHOTO)

Pebulu tangkis nomor satu dunia dari Malaysia, Lee Chong Wei, melaju ke babak semifinal Olimpiade Rio. Lee menjadi pemain pertama yang lolos setelah mengalahkan Chou Tien Chen pada babak perempat final, Rabu (17/8/2016).

Lee yang menempati unggulan pertama hanya butuh 41 menit untuk meraih kemenangan. Dia menang dua gim langsung, 21-9, 21-15 di Riocentro Pavilion 4, Rio de Janeiro, Brasil.

Lee tampil dominan saat menghadapi Chou. Dia tercatat hanya dua kali berada dalam posisi tertinggal yakni pada gim pertama, dalam kedudukan 0-1 dan 2-3.

Setelah itu, Lee langsung memegang kendali permainan. Dia mencapai interval gim pembuka dengan keunggulan 11-6.

Lee semakin memperlebar keunggulan setelah memenangi dua poin beruntun berikutnya. Chou sempat menambah satu poin lagi, tetapi upayanya belum bisa membalikkan keadaan.

Lee yang berhasil memenangi delapan poin beruntun memastikan gim pertama menjadi miliknya.

Performa Lee kian matang pada gim kedua. Pemain kelahiran Bagan Serai, 33 tahun lalu itu, unggul jauh 6-0.

Lee kemudian menutup interval gim kedua dalam kedudukan 11-3.

Chou mulai menemukan irama permainan saat paruh kedua dimainkan. Dia berhasil memangkas selisih angka dari delapan poin (3-11) menjadi hanya lima poin (10-15).

Namun, seperti pada gim pertama, upaya Chou ini belum cukup untuk mematahkan dominasi permainan lawannya. Lee yang bermain menyerang kembali memperlebar jarak poin.