Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indonesia Loloskan 4 Wakil dari Penyisihan Grup

By Diya Farida Purnawangsuni - Minggu, 14 Agustus 2016 | 22:12 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad(kanan)/Liliyana Natsir, berpose setelah memenangi laga ketiga babak penyisihan Grup C Olimpiade Rio 2016 di Riocentro Pavilion 4, Rio de Janeiro, Sabtu (13/8/2016). (PIPIT PUSPITA RINI/JUARA.net)

Tim bulu tangkis Indonesia meloloskan empat wakil dari fase penyisihan grup pada Olimpiade Rio 2016. Dua wakil lain, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra) dan Linda Wenifanetri (tunggal putri) terhenti.

Wakil terakhir Indonesia yang lolos dari penyisihan ialah Tommy Sugiarto. Pemain tunggal putra berperingkat ke-9 dunia ini melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan Osleni Guerrero (Kuba) pada laga terakhir Grup J di Riocentro Pavilion 4, Minggu (14/8/2016).

Tommy meraih kemenangan atas Guerrero lewat permainan dua gim langsung, 21-12, 21-14. Sebelumnya, unggulan ketujuh itu menang atas Howard Shu (Amerika Serikat), 21-14, 21-10.

Pasangan ganda putri Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii juga menjaga asa meraih medali Olimpiade dengan menjadi juara Grup C.

Selama menjalani laga penyisihan, Nitya/Greysia membukukan rekor tiga kemenangan.

Nitya/Greysia akan menghadapi wakil China, Tang Yuanting/Yu Yang, pada babak perempat final.

Duel ini berpeluang berjalan sengit karena Nitya/Greysia ialah unggulan ketiga, sedangkan Tang/Yu datang ke Brasil sebagai unggulan keempat.

Rekor sempurna juga dicatatkan pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, pada babak penyisihan.

Tontowi/Liliyana memastikan meraih tiga kemenangan setelah mengalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia) pada laga terakhir Grup C.

Pada babak perempat final, Tontowi/Liliyana akan "saling bunuh" dengan Praveen Jordan/Debby Susanto. Pasangan manapun yang memenangi laga ini memastikan Indonesia mempunyai satu wakil di semifinal.