Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dikalahkan Wakil China, Praveen/Debby Jadi Runner-up Grup A

By Diya Farida Purnawangsuni - Minggu, 14 Agustus 2016 | 04:29 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto, ketika berlaga pada babak penyisihan pertama Grup A Olimpiade Rio 2016 di di Riocentro Pavilion 4, Kamis (11/8/2016). (YVES LACROIX/BADMINTON PHOTO)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto, gagal meraih kemenangan atas wakil China, Zhang Nan/Zhao Yunlei, pada laga terakhir penyisihan Grup A Olimpiade Rio 2016, Sabtu (13/8/2016) waktu setempat.

Praveen/Debby kalah dua gim langsung, 11-21, 18-21, di lapangan 3 Riocentro-Pavilion 4, Rio de Janeiro, Brasil.

Kekalahan ini memastikan Praveen/Debby melaju ke perempat final sebagai runner-up grup. Dari tiga laga, Praveen/Debby menang dua kali.

Praveen/Debby memulai gim pertama dengan kurang baik. Mereka bahkan sempat tertinggal jauh 5-11 saat mencapai fase interval.

Zhang/Zhao betul-betul mendominasi permainan pada gim ini. Berkali-kali serangan yang mereka lancarkan mampu membuahkan poin.

Di sisi lain, Praveen/Debby kerap melakukan kesalahan. Zhang/Zhao memenangi gim pertama setelah meraih enam poin beruntun dalam kedudukan 15-11.

Performa Praveen/Debby membaik pada gim kedua. Walau tertinggal lebih dulu, mereka bisa mengimbangi permainan lawan.

Praveen/Debby bahkan lebih dulu mencapai poin interval dalam kedudukan 11-10.

Selepas interval, Praveen/Debby mulai kehilangan irama permainan. Zhang/Zhao yang lebih matang dan berpengalaman memanfaatkan dengan baik situasi ini.

Pasangan nomor satu dunia itu langsung membalikkan keadaan untuk unggul dan mencapai match point dalam kedudukan 20-16.