Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Catatan Minor Laga Pekan Pertama Membayangi Arsenal

By Nugyasa Laksamana - Minggu, 14 Agustus 2016 | 08:01 WIB
Para pemain Arsenal merayakan gol ke gawang Manchester City dalam laga persahabatan di Ullevi Stadium, Gothenburg, pada 7 Agustus 2016. (JONATHAN NACKSTRAND/AFP )

Arsenal akan mengawali Premier League 2016-2017 dengan menjamu Liverpool di Stadion Emirates, Minggu (14/8/2016). Sayangnya, Arsenal dibayangi catatan tak apik kala menjalani laga pembuka.

Setiap musimnya, Premier League selalu menyajikan partai besar pada pekan pertamanya. Kali ini, musim 2016-2017, tersaji laga antara Arsenal dan Liverpool, dua klub tradisional Inggris.

Arsenal tidak melakukan banyak manuver pada bursa transfer musim panas 2016. Pembelian terbesar mereka hanyalah Granit Xhaka, gelandang tim nasional Swiss yang diboyong dari Borussia Moenchengladbach.

Sementara itu, Liverpool tercatat menghabiskan biaya 67,92 poundsterling (Rp 1,1 triliun) untuk mendatangkan Ragnar Klavan, Loris Karius, Georginio Wijnaldum, dan Sadio Mane.

Namun, bukan persoalan peta kekuatan skuat yang akan dibahas, melainkan catatan kedua tim dalam melakoni laga pekan pertama Premier League.

Mengenai hal tersebut, Arsenal wajib bersikap waspada. Pasalnya, dalam lima musim terakhir, mereka punya catatan yang terbilang kurang baik saat menjalani laga pekan pertama Premier League.

Dari lima laga pembuka Premier League sejak musim 2011-2012, tim asuhan Arsene Wenger tercatat hanya sekali menang, yakni pada musim 2014-2015. Kala itu, Arsenal menang 2-1 atas Crystal Palace di Stadion Emirates.

Adapun sisanya, dewi fortuna tidak berpihak kepada Arsenal. Mereka dikalahkan dua kali, dan meraih hasil imbang dua kali.

Lantas, bagaimana dengan Liverpool? Dalam hal ini, pasukan Juergen Klopp boleh bernapas lega. Dari lima laga pembuka terakhirnya, Liverpool hanya mendulang sekali kekalahan.