Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jelang GP Austria, Siapa Berpeluang Juara?

By Delia Mustikasari - Jumat, 12 Agustus 2016 | 09:34 WIB
Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha), Marc Marquez (Repsol Honda), dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) (dari kiri ke kanan), berpose saat menjalani sesi konferensi jelang GP Austria di Red Bull Ring, Kamis (11/8/2016). (MIRCO LAZZARI/GETTY IMAGES)

MotoGP 2016 kembali digelar setelah libur tiga pekan untuk libur paruh musim pertama. Pekan ini, seri balapan ke-10 MotoGP akan berlangsung di Austria pada 12-14 Agustus di Red Bull Ring.

Saat ini, pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berada dalam daftar teratas klasemen sementara MotoGP dengan raihan 170 poin.

Dia unggul cukup jauh dari para rivalnya, Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) yang masing-masing mengantongi 122 dan 111 angka.

Menurut pemimpin redaksi Tabloid BOLA, Arief Kurniawan, yang juga pakar otomotif, keberhasilan Marquez menguasai MotoGP musim ini karena pebalap asal Spanyol itu telah belajar dari kesalahan musim lalu.

Dari sembilan seri balap yang telah dilalui, Marquez sudah tiga kali naik podium kampiun yakni pada GP Argentina, GP Americas, dan GP Jerman.

Selama menjalani balapan, Marquez tidak terlalu memaksakan untuk menjadi juara. Yang terpenting, dia bisa meraih podium.

"Bukan karena paket motornya yang baik, tetapi dia selalu tampil konsisten di setiap seri," ujar Arief.

Untuk mengetahui bagaimana peluang dan persaingan para pebalap pada GP Austria, berikut analisisnya.