Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

2 Pembelian Man City Tuai Pujian Oezil

By Anju Christian Silaban - Kamis, 11 Agustus 2016 | 08:00 WIB
Gelandang Jerman, Mesut Oezil, saat berlaga melawan Slovakia dalam babak 16 besar Euro 2016 di Stadion Stade Pierre-Mauroy, 26 Juni 2016. (ALEXANDER HASSENSTEIN/GETTY IMAGES)

 Gelandang Arsenal asal Jerman, Mesut Oezil, mengapresiasi aktivitas transfer Manchester City, terutama menyangkut dua rekan senegaranya, Ilkay Guendogan dan Leroy Sane

Guendogan dan Sane direkrut Man City dengan nilai total 65,45 juta poundsterling (sekitar Rp 1,1 triliun) pada bursa transfer musim panas 2016. Ada risiko besar karena Sane baru menginjak usia 20 tahun.

Hanya, menilik pengalamannya di tim nasional Jerman, Oezil memprediksi bahwa keduanya bakal membuktikan kepantasan dari harga transfer.

"Saya senang dengan Man City, yang merekrut dua pemain dari tim Jerman. Mereka akan memberikan kualitas hebat dan meningkatkan kualitas di Premier League," tutur Oezil.

Lantaran kedatangan Guendogan dan Sane pula, Man City diyakini menjadi kandidat kuat juara Premier League 2015-2016. Selain Man City, Oezil mengunggulkan Manchester United.

Klub terakhir baru memecahkan rekor transfer dunia dengan merekrut Paul Pogba senilai 89,25 juta poundsterling.

Pendapat Oezil tidak cuma didasari oleh aktivitas transfer, tetapi keputusan dua tim Manchester merekrut manajer kelas dunia, yaitu Jose Mourinho dan Josep Guardiola.

"Semua klub tidak cuma melakukan investasi besar lewat pemain, tetapi juga pelatih. Semua tim telah berkembang. Manchester United dan Manchester City akan sangat kuat pada musim baru," kata dia.

Persaingan Premier League bakal dimulai akhir pekan ini. Man United City melawan Sunderland di Stadion Eitihad, Sabtu (13/8/2016), sedangkan Man United bersua Bournemouth di Stadion Vitality, Minggu (14/8/2016).

[video]https://video.kompas.com/e/5042560827001_v1_pjuara[/video]