Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pertamina: Manor Sudah Ambil Keputusan Lain

By Delia Mustikasari - Rabu, 10 Agustus 2016 | 19:19 WIB
Vice President Communication Pertamina Wianda Pusponegoro (kanan), berpose dengan helm yang akan dikenakan pebalap formula 1 asal Indonesia, Rio Haryanto, dan Menpora Imam Nahrawi (kiri), di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (14/3/2016). (ARTISTA LUSHAR NOVA/JUARA.NET)

Pertamina masih berharap Rio Haryanto, tetap menjadi pebalap utama tim Manor Racing. Manor pada Rabu (10/8/2016) telah mengonfirmasi bahwa Esteban Ocon resmi menggantikan posisi Rio.

"Kami masih berharap Rio menjadi pebalap utama Manor. Kami melihat ada kesempatan untuk menambah dana sponsor untuk Rio menjadi 500 ribu euro," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro melalui pesan singkat kepada JUARA.

Musim ini Pertamina selaku sponsor telah mendukung dana untuk Rio sebesar 5 juta euro (sekitar Rp 75 miliar) dan sudah melakukan pembayaran kepada Manor hingga termin ketiga.

Perinciannya, pembayaran termin pertama sebesar 2,75 juta euro sudah dilakukan setelah Rio resmi bergabung dengan Manor.

Tahap kedua, nilai yang dibayarkan sebesar 1,5 juta euro dan tahap ketiga senilai 1 juta euro.  Selanjutnya, termin terakhir sebesar 250 ribu euro rencananya akan dibayarkan pada akhir musim ini.

"Untuk pembayaran termin terakhir, kapan pun kami siap untuk membayarkan kepada Manor. Kami sudah menawarkan penambahan nilai sponsor sebesar 500 ribu euro, namun Manor sudah mengambil keputusan," ucap Wianda.

Sementara itu, Manor menawarkan Rio untuk mengisi posisi sebagai pebalap cadangan. Namun, pebalap 23 tahun ini belum memberikan jawaban.

Seri balap ke-13 Formula 1, GP Belgia akan digelar pada 26-28 Agustus di Sirkuit Spa-Francorchamps.