Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Manor: Kami Tawarkan Rio sebagai Pebalap Cadangan

By Delia Mustikasari - Rabu, 10 Agustus 2016 | 17:01 WIB
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, berpose sebelum menjalani sesi balapan GP Hungaria di Hungaroring, Minggu (24/7/2016). (MANOR GRAND PRIX RACING LTD)

Tim Formula 1, Manor Racing, menyatakan bahwa Rio Haryanto, bukan lagi pebalap utama tim mulai GP Belgia hingga akhir musim 2016. Posisi Rio digantikan oleh Esteban Ocon.

Musim ini, Rio yang berpartner dengan Pascal Wehrlein (Jerman) telah mengikuti 12 seri balapan F1. Terakhir, dia turun pada GP Jerman yang berlangsung di Hockenheimring, 31 Juli.

Manor memutuskan mengganti Rio karena pebalap 23 tahun ini gagal menuntaskan sisa pembayaran sebelum paruh pertama musim berakhir.

"Rio merupakan bagian dari tim yang sangat berharga sejak Januari 2016. Tepatnya, ketika kami menandatangani kontrak dengannya untuk musim ini," kata Racing Director Manor Racing Dave Ryan, seperti dilansir Motorsport Rabu (10/8/2016).

"Beberapa waktu lalu, pihak manajemen Rio mengindikasikan bahwa mereka mengalami kesulitan untuk melakukan sisa pembayaran kontrak setelah GP Hungaria," ucap Ryan.

Untuk mendapatkan kursi pebalap Manor musim ini, Rio harus membayar sebesar 15 juta euro. Namun, dia baru membayar 8 juta euro.

Menurut Ryan, manajemen Rio sudah berusaha keras untuk menyelesaikan persoalan dana tersebut.

"Kami juga telah membantu semampu kami, termasuk agar Rio bisa menjalani balapan di Jerman. Sayangnya, kami mencapai titik di mana kami harus mengutamakan kepentingan terbaik tim sehingga terpaksa memutuskan pilihan (pebalap) lain untuk sisa musim ini," tutur Ryan.

Sementara Manor akan mengumumkan secara resmi Esteban Ocon menjadi pebalap utama barunya, tim menawarkan posisi baru untuk Rio sebagai pebalap cadangan.

"Kami sangat senang bisa melanjutkan dukungan kami untuk ambisi Rio di F1. Kami menawarkan Rio sebagai pebalap cadangan untuk sisa musim ini dan kami sangat berharap dia akan menerima tawaran itu," ucap Ryan.

Sebelumnya, tim yang bermarkas di Inggris ini sudah memiliki pebalap cadangan yakni Alexander Rossi dan development driver Jordan King yang kini kini sedang membalap pada ajang GP2 series.