Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persib Berencana Gunakan Stadion Pekansari untuk Dua Laga

By Fifi Nofita - Selasa, 9 Agustus 2016 | 06:05 WIB
Gelandang Persib yang asli Papua, David Laly sesuai mencetak gol ke gawang Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung pada 14 Mei 2016. Persib akan tur ke Papua, tepatnya Serui akhir minggu ini. (Dok. PT GTS)

Panitia penyelenggara (Panpel) pertandingan Persib Bandung, sedang berusaha mengurus perizinan untuk menggunakan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Stadion itu akan digunakan dalam beberapa laga kandang Kompetisi Sepak Bola Torabika (TSC) 2016.

Sesuai jadwal putaran pertama, Persib menyisakan dua laga kandang melawan Barito Putera dan Arema Cronus pada 13 dan 27 Agustus. Berikutnya, pada putaran kedua, 3 September dan 1 Oktober melawan Pusamania Borneo FC dan Persiba Balikpapan.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, dan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, untuk sementara waktu tidak bisa dipakai. Ini karena kedua Stadion tersebut bakal dipakai untuk kepentingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016, di mana Jawa Barat bertindak sebagai tuan rumah.

"Tadi Irfan (media officer Persib) sama Bram (General coordinator Panpel) lagi ke Bogor, minta kalau bisa main di sana di Cibinong yang di pakai PS TNI (Pakansari), tinggal kami nunggu dari bupatinya," kata Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Zainuri Hasyim, Senin (8/8/2016).

"Kami sudah bikin surat ke vupatinya. Tinggal vupatinya bersedia ngizinkan atau enggak, karena kaitannya masih dipake PON itu kan. Karena PS TNI juga sama di sana," ucapnya.

Selain mencari alternatif stadion, manajemen juga berusaha menjalin komunikasi dengan PT Gelora Trisula Semesta (GTS) dan meminta menjadwal ulang.

"Kami cari alternatif kemudian tadi dilihat di Karawang (Singaperbangsa) sama Bogor dilihat sama Bram dan Irfan. Ya kalau Karawang, gak tahu itu lapangannya sekarang seperti apa. Apakah memenuhi syarat atau engga, tapi kami komunikasi sama PT GTS, gimana baiknya," ungkapnya.

Meski belum pasti menggunakan Stadion Pakansari atau Singaperbangsa, namun pertandingan kandang Persib, menurut Zainuri akan tetap dihadiri penoton.

"Ya pake penonton, karena GTS juga mengharapkan ada penonton, jadi diharapkan ada penonton," tuturnya.

Soal ke mana, Zainuri merasa yakin tidak akan ada masalah jika digelar di Pakansari, karena pihaknya juga akan bekerja sama dengan Panpel PS TNI yang juga menggunakan Stadion Pakansari sebagai kandangnya.

"Kalau di sana (Bogor), kami kerja sama dengan panpelnya PS TNI, jadi kami kerja sama dengan mereka kalau itu diizinkan. Sekarang tinggal nunggu dari bupatinya," ungkapnya.