Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Vettel Yakin Ferrari Akan Bangkit Pada Paruh Kedua Musim 2016

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 5 Agustus 2016 | 19:10 WIB
Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, meluapkan ekspresi kegembiraan di atas podium Sirkuit Baku seusai mencatat hasil finis kedua pada GP Eropa, Minggu (19/6/2016). (KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP PHOTO)

Pebalap Formula 1 (F1) asal Jerman, Sebastian Vettel, meyakini Ferrari akan bangkit pada paruh kedua musim 2016. Menurut Vettel, pengembangan timnya dapat mendukung hal tersebut.

Vettel tampil cukup meyakinkan pada awal musim ini. Juara dunia F1 2010-2013 itu naik tiga podium dalam lima seri balap pembuka.

Akan tetapi, laju Vettel dalam kokpit Ferrari mulai melamban pada seri-seri berikutnya. Pencapaian terbaik Vettel adalah finis kedua pada GP Kanada dan GP Eropa yang digelar pertama kali di Sirkuit Baku, Azerbaijan.

Pada seri balap terakhir yang merupakan seri balap kandangnya, GP Jerman, Vettel hanya bisa finis di urutan kelima.

Akibatnya, posisi Vettel pada klasemen sementara pebalap melorot ke urutan kelima, sedangkan peringkat Ferrari pada klasemen sementara konstruktor disalip Red Bull.

Baca Juga:

"Dua seri balap terakhir menjadi seri balap yang sulit bagi kami, tetapi juga sangat-sangat bermanfaat," ujar Vettel yang dilansir Crash, Jumat (5/8/2016).

"Saya pikir kami lebih memahami tentang kekuatan dan kelemahan mobil sehingga kami tahu apa yang perlu difokuskan. Memang belum sepenuhnya jelas, tetapi semakin ke sini semakin terlihat permasalahannya," katanya menambahkan.

Hingga GP Jerman, Vettel mengantongi 120 poin dan untuk sementara menempati peringkat kelima klasemen. Rekan setimnya, Kimi Raikkonen, berada satu setrip di atasnya, dengan koleksi 122 poin.

Musim balap F1 2016 akan kembali digelar pada GP Belgia, 26-28 Agustus mendatang.