Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rosberg Sah Dapatkan 'Pole Position' GP Hungaria

By Diya Farida Purnawangsuni - Minggu, 24 Juli 2016 | 15:09 WIB
Pebalap Mercedes asal Jerman, Nico Rosberg, melambaikan tangan sebagai bentuk selebrasinya setelah meraih pole position GP Hungaria pada sesi kualifikasi di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Hungaria, Sabtu (23/7/2016). (ATTILA KISBENEDEK/AFP PHOTO)

Stewards GP Hungaria mengonfirmasi posisi start pebalap Mercedes, Nico Rosberg, pada balapan di Hungaroring, Minggu (24/7/2016). Mereka memastikan Rosberg tetap akan memulai lomba dari pole position.

Rosberg semula sempat diragukan bakal tetap memulai balapan dari grid terdepan karena dianggap mengabaikan bendera kuning yang berkibar di tikungan 7 menyusul insiden yang dialami Fernando Alonso (McLaren Honda) di tikungan 8.

Namun, dugaan ini tidak terbukti. Dari investigasi yang dilakukan setelah sesi, Rosberg terbuksi melambatkan kecepatan mobilnya sebelum memasuki tikungan 8.

"Telemeter menunjukkan bahwa pebalap menurunkan kecepatan secara signifikan sebelum tikungan 8," kata FIA dalam pernyataan resmi yang dilansir Crash, Minggu (24/7/2016).

Rosberg meraih pole position pada GP Hungaria setelah mencatat putaran dalam 1 menit dan 19,965 detik. Pebalap Jerman ini mengalahkan rekan setimnya, Lewis Hamilton, yang mencatat putaran terbaik 1 menit dan 20,108 detik.

"Ada dua bendera kuning yang dikibarkan, tetapi mobil saya juga terasa sangat berat dan saya kehilangan banyak waktu akibat itu. Saya juga lebih lambat ketimbang lap sebelumnya di sektor bendera kuning tersebut. Jadi, saya yakin tidak akan ada apa-apa," kata Rosberg.

Rosberg berpeluang menjuarai GP Hungaria untuk kali pertama dengan bekal pole position. Selama 10 balapan di Hungaroring sebelumnya, pencapaian terbaik pebalap 31 tahun ini adalah finis di urutan keempat pada 2009 dan 2014.